WITYASRANI, VIRNANDA NUGRAH (2020) INTERAKSI KOMUNIKASI ORANG TUA, ANAK DAN REMAJA KOMPLEK JAPOS TANGERANG MENGENAI TAYANGAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HALAMAN COVER)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
4. ABSTRAK.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
2. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf Download (267kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
7. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
||
Text (BAB 2)
8. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
||
Text (BAB 3)
9. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
||
Text (BAB 4)
10. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
||
Text (BAB 5)
11. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
Abstract
Media literacy refers to the ability of literate audiences to mass media and media messages in the context of mass communication. Media literacy is a new approach in terms of learning, this concept is a framework of thinking that aims to provide a reference on how to access, analyze, evaluate, participate and create messages in various forms. Media literacy emphasizes the role of the media in society as well as the ability of citizens to express themselves. Media literacy, especially digital media also known as computer literacy, is one of the components in media literacy which is a skill to use computers, the Internet, telephones, PDAs and other digital equipment as supporting devices correctly and optimally. communication. This study focuses on knowing the interaction of parent and child communication at the Tangerang Japos Complex, with the age range of parents is 30- 50 years, the age of children is 8-17 years, whose parents actively work and allow children to access the internet, Youtube. With the aim of wanting to find out how children and parents discuss social media or digital media that researchers fear in the future will have a negative impact, researchers want to know what form of communication parents use to interact with their children, parental knowledge about digital media, then the impact that occurs in the environment of each respondent's family and what parents will do to minimize the adverse effects on their children. Types of qualitative research methods. This research uses descriptive type. As a research that uses a qualitative approach, this descriptive type is indeed inherent. Researchers choose descriptive as a type of research because researchers want to know the complete picture of the ability of media literacy in children who choose and view content on Youtube and how the role of parents towards it in the scope of the environment of each family. Researchers collected research data by conducting in-depth interviews. With interviews researchers can actively communicate and construct data about their lives. media massa dalam konteks komunikasi massa. Literasi media adalah sebuah pendekatan baru dalam hal pembelajaran, Konsep ini merupakan sebuah kerangka berpikir yang bertujuan untuk memberikan acuan mengenai cara mengakses, menganalis, mengevaluasi, berpartisipasi dan membuat pesan dalam berbagai bentuk. Literasi media memberikan penekanan pada peran media dalam masyarakat sebagaimana juga kemampuan warga masyarakat dalam mengekspresikan diri. Literasi media, khususnya media digital juga dikenal sebagai literasi komputer, adalah salah satu komponen dalam literasi media yang merupakan keterampilan penggunaan komputer, Internet, telepon, PDA dan peralatan digital yang lain sebagai alat penunjang secara benar dan optimal. komunikasi. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui interaksi komunikasi orang tua dan anak pada Komplek Japos Tangerang, dengan kisaran usia orang tua adalah 30 – 50 tahun, usia anak adalah 8 – 17 tahun, yang orang tua nya aktif bekerja dan mengijinkan anak untuk mengakses internet, Youtube. Dengan tujuan karena ingin mengetahui bagaimana anak-anak dan orang tua berdiskusi tentang media sosial atau media digital yang dikhawatirkan peneliti ke depannya akan berdampak buruk, peneliti ingin mengetahui bentuk komunikasi apa yang dipakai orang tua untuk berinteraksi dengan anak-anak nya, pengetahuan orang tua tentang media digital, lalu dampak yang terjadi di lingkungan masing-masing setiap keluarga yang menjadi responden dan apa yang akan di lakukan oleh para orang tua guna meminimalisir dampak buruknya untuk anakanak mereka. Tipe metode penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif. Sebagai penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif, jenis deskriptif ini memang sudah melekat. Penelti memilih deskriptif sebagai jenis penelitian karena peneliti ingin mengetahui gambaran lengkap mengenai kemampuan media literacy pada anak-anak yang memilih dan melihat konten-konten di Youtube dan bagaimana peran orang tua terhadap hal tersebut dalam lingkup lingkungan masing-masing keluarga. Peneliti mengumpulkan data penelitian dengan melakukan wawancara mendalam. Dengan wawancara peneliti dapat secara aktif berkomunikasi dan mengkontruksikan data tentang hidupnya.
Actions (login required)
View Item |