ALGORITMA C4.5 UNTUK PENENTUAN LAMANYA WAKTU TINDAKAN PEMERIKSAAN PENYAKIT GIGI PADA APLIKASI ANTRIAN PENDAFTARAN BERBASIS WEB DILENGKAPI FITUR SMS GATEWAY

PRADESTI, SISKA AYU (2020) ALGORITMA C4.5 UNTUK PENENTUAN LAMANYA WAKTU TINDAKAN PEMERIKSAAN PENYAKIT GIGI PADA APLIKASI ANTRIAN PENDAFTARAN BERBASIS WEB DILENGKAPI FITUR SMS GATEWAY. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (JURNAL MAHASISWA)
JURNAL SISKA AYU PRADESTI - 41514120025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

The length of time that a dental disease is checked makes the patient wait too long at the clinic. Patients with certain dental complaints need a longer treatment time. This study aims to create a system that can determine the length of time of examination in every dental disease. C4.5 algorithm is used to predict the time needed for each examination by forming a decision tree that is made into a rule or decision rule. Sources of data needed are patient complaint data taken from medical records of fifty patients in the previous month from a dental clinic. This application is made web-based with the SMS gateway feature for the registration process and patient queues. System development uses the waterfall method. The results show that users can register online and see the queue that is running. Users will get a notification regarding the queue time and queue sequence number via SMS which will be sent via SMS gateway. This system can help the admin in managing the queue by estimating the time of the patient's examination according to the patient's complaints. Key words: Queue System, C4.5 Algorithm, Website, SMS Gateway Lamanya waktu pemeriksaan penyakit gigi membuat pasien menunggu terlalu lama di klinik. Pasien dengan keluhan gigi tertentu membutuhkan waktu penanganan yang lebih lama. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem yang dapat menentukan lamanya waktu pemeriksaan pada setiap penyakit gigi. Algoritma C4.5 digunakan untuk memprediksi waktu yang dibutuhkan untuk setiap pemeriksaan dengan cara membentuk pohon keputusan yang dibuat menjadi rule atau aturan keputusan. Sumber data yang diperlukan adalah data keluhan pasien yang diambil dari rekam medis lima puluh pasien dalam satu bulan sebelumnya dari satu klinik gigi. Aplikasi ini dibuat berbasis web dengan dilengkapi fitur sms gateway untuk proses pendaftaran dan antrian pasien. Pengembangan sistem menggunakan metode waterfall. Hasil penelitian menunjukkan pengguna dapat melakukan pendaftaran secara online dan melihat antrian yang sedang berjalan. Pengguna akan mendapatkan pemberitahuan mengenai waktu antrian dan nomor urut antrian melalui sms yang akan dikirimkan melalui sms gateway. Sistem ini dapat membantu admin dalam mengelola antrian dengan memperkirakan waktu pemeriksaan pasien sesuai dengan keluhan pasien. Kata kunci: Sistem Antrian, Algoritma C4.5, Website, SMS Gateway

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
NIM: 41514120025
Uncontrolled Keywords: Sistem Antrian, Algoritma C4.5, Website, SMS Gateway
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 518 Numerical Analysis/Analisis Numerik, Analisa Numerik
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 518 Numerical Analysis/Analisis Numerik, Analisa Numerik > 518.1 Algorithms/Algoritma
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data]
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.05 Data Processing Computer Applications/Pengolahan Data Aplikasi Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 18 Nov 2020 06:24
Last Modified: 18 Nov 2020 06:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/58194

Actions (login required)

View Item View Item