ANALISIS PERAN MANAJEMEN PROGRAM “BERSUARA” RADIO PEMUDA FM BULAN AGUSTUS 2018 DALAM MEMBANGKITKAN RASA NASIONALISME DI KALANGAN PEMUDA

FEBRIANA, DEVI (2020) ANALISIS PERAN MANAJEMEN PROGRAM “BERSUARA” RADIO PEMUDA FM BULAN AGUSTUS 2018 DALAM MEMBANGKITKAN RASA NASIONALISME DI KALANGAN PEMUDA. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. ABSTRAK.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03. Surat Pernyataan.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04. Lembar Pengesahan.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05. KATA PENGANTAR.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06. DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
07. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (BAB II)
08. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text (BAB III)
09. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (BAB IV)
10. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text (BAB V)
11. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)

Abstract

Pemuda merupakan salah satu komponen penting suatu bangsa yang seharusnya memiliki rasa nasionalisme tinggi. Namun, pada saat ini rasa nasionalisme di kalangan pemuda kian memudar. Hal ini dibuktikan dari berbagai sikap pemuda, antara lain menganggap hari-hari besar nasional seperti Sumpah Pemuda sebagai hari peringatan biasa, lebih menyukai barang impor dibandingkan buatan dalam negeri, kurangnya rasa menghargai antar suku dan budaya, membandingkan negara sendiri dengan negara lain, melupakan budaya bangsa dan mengikuti budaya luar, dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran manajemen program Bersuara Radio Pemuda FM bulan Agustus 2018 dalam meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan pemuda dan kendala yang dihadapi. Teori Goldblatt mengenai manajemen event menjelaskan bahwa ada lima tahap yang harus dilakukan untuk menghasilkan event yang efektif dan efisien, yaitu research, design, planning, coordinating dan evaluating. Paradigma penelitian yang akan digunakan pada penelitian ini adalah paradigma konstruktivisme menggunakan metode penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, tahap research Radio Pemuda FM melihat permasalahan anak muda saat ini yaitu kurangnya rasa nasionalisme dan Radio Pemuda FM membentuk program Bersuara untuk hal tersebut, tahap design dengan mengatur lokasi agar memiliki kesan kreatif dan dapat membangkitkan semangat dari peserta, tahap planning dengan menetapkan tema, topik, film, waktu, dan pengundangan narasumber, tahap coordinating dengan berkoordinasi dan bertanggung jawab terhadap tugas masing-masing, dan tahap evaluation menunjukkan kelebihan dari acara ini ialah antusias peserta saat diskusi dan respon positif dari mereka, sedangkan kekurangannya tidak ada diskusi terkait film Pancasonya. Sedangkan kendala yang dihadapi sulitnya mendapatkan film komunitas mengenai budaya dan batalnya kehadiran pihak Pancasonya. Radio Pemuda FM dapat dikatakan berhasil dalam meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan pemuda. Hal tersebut dibuktikan dari respon peserta yang positif terhadap kegiatan yang dilaksanakan. Keyword: Manajemen event, Goldblatt, Radio, Nasionalisme, Pemuda

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
NIM: 44217110138
Uncontrolled Keywords: Manajemen event, Goldblatt, Radio, Nasionalisme, Pemuda
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 650.1-650.9 Standard Subdivisions of Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Subdivisi Standar Dari Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 17 Nov 2020 09:15
Last Modified: 17 Nov 2020 09:15
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/58183

Actions (login required)

View Item View Item