OKTAVIANI, WINDA (2020) HUBUNGAN SELF REGULATED LEARNING DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA YANG BEKERJA DAN MEMILIKI ANAK DI UNIVERSITAS MERCU BUANA JAKARTA BARAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (46115110140)
01. HALAMAN JUDUL.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02. ABSTRAK.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03. SURAT PERNYATAAN.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
04. LEMBAR PENGESAHAN SIDANG SKRIPSI.docx.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
05. KATA PENGANTAR.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
06. DAFTAR ISI.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
07. DAFTAR TABEL.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
08. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
09. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (201kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
10. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
||
Text (BAB 2)
11. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
||
Text (BAB 3)
12. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
||
Text (BAB 4)
13. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
||
Text (BAB 5)
14. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
Abstract
Higher Education is the highest level of education that must be passed by students. Nowadays many students have more than one role, namely studying, working and having children, with many roles they feel tend to cause academic procrastination behavior. Academic procrastination that is felt by students who have many roles usually has obstacles in setting learning plans and managing the learning process because students with many roles prioritize assignments at the office and their responsibilities as parents so efforts are needed to control and monitor themselves cognitively, motivated and behavior to fit the desired learning achievement is called Self-regulated learning. Previously, related research had been done but no one had done it in the context of many roles (lectures, work and children) at Mercu Buana University, West Jakarta. This study uses a quantitative method with sampling techniques in this study using accidental sampling technique. The study sample of 84 respondents with aged 18-40 years, consisting of 22 men and 62 women. This research uses two instruments, namely ¬Self-Regulated Learning Scale 63 items with α = 0.913 and Academic Procrastination Scale 32 items α = 0.842. The data obtained using Spearman Rho correlation design obtained correlation coefficient (r) of -0.254 and the value of significance of 0.020 (p <0.05). It can be concluded that there is a negative and significant relationship with the weak relationship between variables. This means that the higher the academic procrastination, the lower the self-regulated learning and vice versa if the lower the academic procrastination, the higher the self-regulated learning. Key words : Self-Regulated Learning, Academic Procrastination, College Students, Work, Have Children. Perguruan Tinggi adalah jenjang pendidikan tertinggi yang harus dilewati oleh mahasiswa.Saat ini banyak mahasiswa yang memiliki peran lebih dari satu yaitu berkuliah, bekerja dan memiliki anak, dengan peran banyak yang mereka rasakan cenderung menimbulkan perilaku prokrastinasi akademik. Prokrastinasi akademik yang dirasakan oleh mahasiswa yang memiliki peran banyak biasanya memiliki kendala dalam menetapkan rencana pembelajaran dan mengatur proses belajar karena mahasiswa dengan peran banyak lebih mengutamakan tugas dikantor dan tanggung jawab mereka sebagai orang tua sehingga dibutuhkan usaha dalam mengkontrol dan memonitoring dirinya secara kognisi, motivasi dan perilaku agar sesuai dengan pencapaian belajar yang diinginkan disebut dengan Self-regulated learning. Sebelumnya, penelitian terkait sudah pernah dilakukan namun belum ada yang melakukannya dalam konteks peran banyak (kuliah, kerja dan memiliki anak) di Universitas Mercu Buana Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunkan teknik accidental sampling. Sampel penelitian sebanyak 84 responden dengan yang berusia 18-40 tahun, yang terdiri dari laki-laki sebanyak 22 orang dan perempuan sebanyak 62 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen penelitian dari dua instrument yaitu Skala Self-Regulated Learning 63 item dengan α = 0,913 dan Skala Prokrastinasi Akademik 32 item α = 0,842.Data yang diperoleh menggunakan desain korelasi Spearman Rho diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar -0,254 dan nilai signifikasi sebesar 0,020 (p < 0,05). Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan negatif dan signifikasi dengan lemahnya hubungan antar variabel. Artinya semakin tinggi prokrastinasi akademik maka semakin rendah self-regulated learning dan begitu juga sebaliknya jika semakin rendah prokrastinasi akademik maka semakin tinggi self-regulated learning. Kata Kunci: Self-Regulated Learning, Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa, Bekerja, Memiliki Anak
Actions (login required)
View Item |