ANALISIS VOLUME LALU LINTAS TERHADAP KERUSAKAN PEKERASAN RIGID DI RUAS JALAN BADAMI KARAWANG

ABIANSYAH, LUTFI (2020) ANALISIS VOLUME LALU LINTAS TERHADAP KERUSAKAN PEKERASAN RIGID DI RUAS JALAN BADAMI KARAWANG. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jatisampurna.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (364kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (51kB) | Preview
[img] Text
10. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (904kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (907kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Jalan merupakan prasarana angkutan darat yang sangat penting untuk memperlancar hubungan sosial maupun ekonomi baik barang maupun jasa, dan dengan jumlah penduduk yang semakin bertambah di setiap tahun ke tahunya, semakin bertambah pula jumlah kendaraan yang melintas di ruas jalan yang ada, oleh karena itu di perlukan perencanaan jalan yang aman sesuai fungsi, volume dan sifat lalulintas. Perbaikan jalan memerlukan biaya yang banyak dan tindakan ini dirasa belum cukup tepat karena upaya perbaikan tidak dapat bertahan sesuai umur rencana dan di kutif dari IDN Times 2019 bahwa Kondisi kerusakan jalan raya di wilayah Kabupaten Karawang berdasarkan data dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Karawang, sepanjang 1.937,53 kilometer jalan yang statusnya jalan kabupaten dalam kondisi rusak. (IDN Times, 2019). Tugas akhir ini dilakukan untuk mengkaji seberapa besar pengaruh volume kendaraan terhadap kerusakan yang terjadi di ruas jalan badami karawang pada STA 0+000 – 0+500 & STA 2+250 – 2+750, untuk mengkaji permasalahan di atas dengan menganalisis data LHR dan kerusakan jalan mengunakan metode Bina Marga, kemudian di lanjut dengan melihat korelasi antara volume kendaraaan terhadap kerusakan jalan dengan menggunakan aplikasi SPSS dan untuk meningkatkan kekuatan perkerasan kaku menggunakan metode perencanaan perkerasan jalan beton semen 2003 yaitu lapisan tambahan (overlay) menggunakan perkerasan kaku. Dari hasil analisis dan pembahasan di dapatkan hasil Uji Hipotesis Simultan Pengaruh bahwa nilai Sig. (0,000) < α (0,05) dan f hitung (35,671) > f tabel (3,89) maka H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Kendaraan Ringan berpengaruh simultan terhadap kerusakan Jalan sebesar 33,8%, Kendaraan Berat berpengaruh simultan terhadap kerusakan Jalan sebesar 47,7%, Sepeda Motor berpengaruh simultan terhadap kerusakan Jalan sebesar 12,1% dan Kendaraan tidak Bermotor berpengaruh simultan terhadap Kerusakan Jalan sebesar 14,2%, hasil dari identifikasi jenis dan kelas kerusakan jalan menunjukkan bahwa perlu untuk dilakukan pemberian lapis tambahan (overlay) sebagai penanganan terhadap kerusakan jalan, berdasarkan hasil analisa desain dipakai metode perbaikan jalan dengan umur rencana 10 tahun yaitu: (overlay) Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) setebal 18 cm .dan dari analis biaya di peroleh biaya (overlay) Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) sebesar Rp. 9,114,626,20 / segmen. Kata kunci: Analisis volume lalulintas , Perkerasan rigid, Biaya perbaikan ABSTRACT The road was a means of land transport is very important to the social relations and economic goods and services, and with a population that is increasing in every year, increasing the amount of vehicles passing on the road that there is, therefore, in need planning a safe way according to the function, volume and nature of traffic. Road repairs cost a lot and this action is felt not quite right because remedies can not survive by age plans and in kutif of IDN Times in 2019 that the condition damages the highway in the district of Karawang based on data from the Department of Public Works and Spatial Planning (PUPR) Khanewal district, along the road status 1937.53 kilometers of district roads in poor condition. (IDN Times, 2019). This final project is to study how much influence the volume of vehicles to the damage occurred on roads Badami karawang at STA 0 + 000-0 + 500 and STA 2 + 250-2 + 750, to examine the above problems by analyzing data from LHR and damage the method of Highways road, then further by looking at the correlation between the volume of vehicles on the road destruction by using SPSS and to increase the strength of rigid pavement using cement concrete road pavement planning 2003 is an additional layer (overlay) using rigid pavement. From the analysis and discussion get Simultaneous Effect Hypothesis Test results that the Sig. (0,000) <α (0.05) and f count (35.671)> F table (3.89) H0 is rejected. It can be concluded that the simultaneous effect of the Light Vehicle Road damage of 33.8%, the simultaneous effect of the Heavy Vehicle Road damage amounted to 47.7%, Motorcycles simultaneous effect on road damage by 12.1% and the simultaneous effect of Motor Vehicles not to road damage by 14.2%, the result of the identification of the type and class of road damage indicates that the need for administration of additional layer (overlay) as a treatment for damage to roads, based on the analysis of the design used road repair method with a design life of 10 years, namely: (Overlay) Rigid Pavement (Rigid Pavement) as thick as 18 cm .and of analysts earn fees at cost (overlay) Rigid Pavement (Rigid Pavement) Rp. 9,114,626,20 / segments. Keywords: Analysis of traffic volume, Pavement rigid, cost of repairs

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
Call Number CD: FT/SIP 20 009
NIM: 41115320045
Uncontrolled Keywords: Analisis volume lalulintas , Perkerasan rigid, Biaya perbaikan
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 23 Sep 2020 06:23
Last Modified: 23 Sep 2020 06:23
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/57259

Actions (login required)

View Item View Item