FIKRI, KAUTSAR ALIE (2019) ANALISIS KINERJA SIMPANG BERSINYAL DAN RUAS JALAN STUDI KASUS DI JL. KYAI HAJI AHMAD DAHLAN JAKARTA SELATAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL JUDUL)
01.HALAMAN JUDUL.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf Download (76kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03.LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN KARYA.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04.LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
05.KATA PENGANTAR.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
06.DAFTAR ISI.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
07.DAFTAR TABEL.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
08.DAFTAR GAMBAR.pdf Download (154kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
09.BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
||
Text (BAB II)
10.BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
11.BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
||
Text (BAB IV)
12.BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (756kB) |
||
Text (BAB V)
13.BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (56kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
15.LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (648kB) |
Abstract
Jakarta Selatan adalah sebuah kota yang terkenal akan kepadatan penduduknya. Simpang dan ruas Kyai Haji Ahmad Dahlan merupakan suatu wilayah di kota Jakarta Selatan. Yang merupakan kawasan kantor dan bisnis serta menjadi titik temu antara angkutan perkotaan. Pada jalur ini sering terjadi antrian kendaraan menuju persimpangan, terutama pada jam sibuk. Maka dari itu Tugas Akhir ini diambil bertujuan untuk menganalisis kinerja simpang bersinyal pada salah satu jalan di ibukota Jakarta ini yaitu di Jalan KH Ahmad dahlan – Jalan Kyai Maja, Jakarta Selatan. Adapun metode yang digunakan dengan dalam penelitian ini adalah metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI-1997) yang meliputi analisa terhadap kapasitas persimpangan, panjang antrian, system fase serta tundaan. Untuk mendapatkan data primer yaitu dengan cara melakukan survey volume lalu lintas dan survey waktu lampu lalu lintas. Sedangkan data sekunder didapat dengan cara pencarian menggunakan media internet. Data-data yang didapat digunakan untuk menganalisis kinerja simpang tersebut dengan menggunakan Metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia ( MKJI 1997 ). Hasil analisis data eksisting, didapatkan Level Of Service (LOS) F dengan besarnya tundaan rata – rata perkendaraan sebesar 217,70 dtk/kend untuk kondisi pagi, 210,22 dtk/kend kondisi Siang, 304,49 dtk/kend kondisi sore, yang berarti nilai tundaan yang tinggi, menunjukan waktu siklus yang panjang dan rasio kendaraan yang tinggi juga ditunjukan dari panjangannya waktu siklus yaitu 220 detik (3 menit 40 detik) dengan 4 fase lalu lintas dengan nilai derajat kejenuhan (DS) yaitu 1,10 yang sudah melebihi angka yang diisyaratkan oleh MKJI 1997 yaitu kurang dari 0,85. Terdapat dua alternatif pemecahan masalah yang digunakan dalam penelitian yaitu alternatif pemecahan masalah dengan mengurangi hambatan samping, perubahan waktu siklus lampu lalu lintas, Indikator dalam menilai kinerja simpang dilihat dari tundaan simpang. Dari alternatif tersebut ternyata bisa merubah level of service menjadi cukup baik dari sebelumnya. Kata kunci : MKJI, Level Of Service, Tundaan, Simpang Bersinyal, Ruas Jalan, Kinerja Simpang Bersinyal dan Ruas Jalan
Actions (login required)
View Item |