MISTIFIKASI DAN KOMODIFIKASI FEMININITAS DAN PERAN REPRODUKSI PEREMPUAN: STUDI SEMIOTIKA BARTHES PADA IKLAN EVE BRA

FATHIRA, MYRA MARIEZKI (2016) MISTIFIKASI DAN KOMODIFIKASI FEMININITAS DAN PERAN REPRODUKSI PEREMPUAN: STUDI SEMIOTIKA BARTHES PADA IKLAN EVE BRA. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (543kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)

Abstract

ikian seringkali mencitrakan perempuan dalam peran-peran tradisional yang terbatas. Begitu pula dalam iklan Eve Bra, di mana citra perempuan terbatas hanya pada fungsi estetik, seksual dan reproduktifnya saja. Penggambaran femininitas yang terbatas ini pun dinaturalisasi atau dimisitifikasi menjadi kodrat, alih-alih konstruksi sosial atau dalam istilah Barthes disebut mitos. Kajian semiotik Barthes karenanya digunakan dalam penelitian ini untuk menyingkap bahwa femininitas yang dicitrakan dalam iklan ini sebenarnya merupakan bentukan kapitalis semata-mata untuk kepentingan ekonomi. Mistifikasi ini juga dikenakan pada peran reproduksi perempuan. Poran reproduksi perempuan; melahirkan & menyusui yang sebelumnya dianggap sebagai anugrah, kini dipandang sebagai beban bagi perempuan. Mitos-mitos femininitas dan peran reproduksi perempuan ini pun dikomodifikasi untuk menciptakan kebutuhan palsu. Sehingga perempuan kemudian terdorong untuk terus mengkonsumsi dalam rangka memenuhi identitas feminin yang sesuai dengan mitos-mitos ini dan kebutuhan yang tidak pernah habis. Akhirnya, perempuan bukan hanya menjadi korban marjinalisasi, tetapi juga ideologi kapitalis yang merusak. Torlebih dengan perkembangan teknologi media baru; facebook, mitos-mitos ini semakin mudah tersebar dan dipercaya sebagai fakta. Kata Kunci: Femininitas, Peran Reproduksi, Mistifikasi, Komodifikasi, Iklan.

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/552. 16 002
Call Number: TK/52/16/003
NIM/NIDN Creators: 55213120028
Uncontrolled Keywords: Feminitas, Peran Reproduksi, Mistifikasi, Komodifikasi, Iklan
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 28 Feb 2016 11:44
Last Modified: 22 Oct 2025 02:23
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/5686

Actions (login required)

View Item View Item