Aktivitas Media Relations Humas PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Dalam Upaya Meningkatkan Publisitas di Media Massa Tahun 2019

DEWI, MUTIA (2020) Aktivitas Media Relations Humas PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Dalam Upaya Meningkatkan Publisitas di Media Massa Tahun 2019. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jatisampurna.

[img]
Preview
Text
01. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02. PENGESAHAN SIDANG SKRIPSI.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03. LEMBAR TANDA LULUS SIDANG AKHIR.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. LEMBAR PENGESAHAN PERBAIKAN.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. LEMBAR PERNYATAAN LEMBAR SISWA.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. ABSTRAK.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. KATA PENGANTAR.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. DAFTAR ISI.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. DAFTAR TABEL.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text
12. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
18. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas media relations yang dilakukan oleh humas PT Bank Raykat Indonesia (Persero) Tbk dalam upaya meningkatkan publisitas di media massa selama periode tahun 2019. Adapun latar belakang penelitian ini ialah mengingat bahwa saat ini media merupakakan alat atau sarana yang digunakan perusahaan dalam melakukan penyebaran informasi atau publisitas. Maka penting bagi humas untuk menjalankan media relations untuk mendukung publisitas tersebut. Penelitian ini mengacu pada teori aktivitas media Relations yang dikemukakan oleh Soemirat (2005). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara secara mendalam dengan narasumber yang relevan, observasi dan dokumentasi. Peneliti juga menggunakan triangulasi data untuk menguji keabasahan hasil penelitian. Sedangkan paradigma yang digunakan dalam penelitian ini yaitu paradigma post-posotivisme. Hasil dari penelitian ini membahas tentang aktivitas media relations humas bank BRI dalam menjalin hubungan dengan media massa. penelitian ini menyimpulkan bahwa aktivitas yang dilakukan antara lain; (1) memberikan informasi melalui press release, (2) mengundangan wartawan dalam event special perusahaan, (3) melakukan konferensi pers, (4) mengadakan press brefing, (5) mengadakan press tour, (6) mengadakan press lunch, (7) membuat wawancara pers, (8) membuat media placement. Kata Kunci: Aktivitas media relations, Publisitas, Media massa ABSTRACT This study aims to determine the media relations activities carried out by public relations PT Bank Raykat Indonesia (Persero) Tbk in an effort to increase publicity in the mass media during the period 2019. The background of this research is to remember that currently the media is a tool or means used by the company in disseminating information or publicity. So it is important for public relations to run media relations to support that publicity. This study refers to the theory of media relations activities proposed by Soemirat (2005). This type of research is descriptive qualitative with in-depth interview data collection methods with relevant informants, observations and documentation. Researchers also use data triangulation to test the reliability of research results. While the paradigm used in this study is the post-posotivism paradigm. The results of this study discuss the public relations activities of BRI's bank relations in establishing relations with the mass media. this study concluded that the activities carried out include; (1) providing information through press releases, (2) inviting reporters to special company events, (3) holding press conferences, (4) holding press brefings, (5) holding press tours, (6) holding press lunches, (7) making press interviews, (8) making media placements. Keyword: Media relations activity, Publicity, Mass media

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
Call Number CD: FK/PR 20 024
NIM: 44216210024
Uncontrolled Keywords: Aktivitas media relations, Publisitas, Media massa
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 03 Aug 2020 07:51
Last Modified: 03 Aug 2020 07:51
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/56578

Actions (login required)

View Item View Item