EFEKTIVITAS AROUND GAME ADVERTISING PADA ONLINE MOBILE GAMES SEBAGAI MEDIA PERIKLANAN (Survei pada Pengguna Online Mobile Games di Jakarta tahun 2019)

YUSUP, FADIAH SYARAFINA (2019) EFEKTIVITAS AROUND GAME ADVERTISING PADA ONLINE MOBILE GAMES SEBAGAI MEDIA PERIKLANAN (Survei pada Pengguna Online Mobile Games di Jakarta tahun 2019). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
KATA PENGANTAR.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pada tahun 2017, industri game Indonesia berada pada posisi ke-16 dalam daftar pasar game terbesar di dunia (versi Newzoo) dengan jumlah pemain hingga 43,7 juta. Tidak hanya itu, semakin berkembangnya teknologi digital membuat kalangan pengiklan kian melirik media online/digital, termasuk mobile games. Berdasarkan data dan fakta itulah peneliti tertarik untuk bagaimana efektivitas online mobile games sebagai media periklanan. Teori AISAS digunakan karena adanya dua keunikan perilaku pada konsumen modern yaitu pada perilaku pencarian (searching) dan perilaku pemberian informasi (sharing). Attention (A) = Perhatian – Interest (I) = Ketertarikan – Search (S) = Pencarian Informasi – Action (A) = Pembelian/Pemakaian – Share (S) = Penyebaran Informasi. Untuk mengetahui efektivitas Around Game Advertising, dan bentuk manakah yang paling efektif. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah penelitian survei pada pengguna online mobile games. Dimana peneliti mengumpulkan data secara primer yaitu menyebarkan kuesioner kepada responden sebanyak 100 orang dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling. Berdasarkan temuan dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Around Game Advertising masih belum efektif sebagai media periklanan pada online mobile games, yaitu hanya mendapatkan total CRI AISAS sebesar 24% (sebanyak 24 orang dari total 100 responden) untuk ketiga bentuk iklan. Dapat disimpulkan pula bahwa alur yang paling efektif yaitu AISA (Attention – Interest – Search – Action) dengan nilai CRI sebesar 29% (29 orang dari total 100, untuk Banner Ads dan Reward Ads) dan 30% (untuk Ad Breaks). Selain itu dapat disimpulkan pula bahwa di antara ketiga bentuk Around Game Advertising, yaitu Banner Ads, Ad Breaks dan Reward Ads, bentuk yang paling mendekati efektif adalah Reward Ads. Kata Kunci : Online Mobile Games, Around Game Advertising, Efektivitas

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 19 203
Call Number: SK/43/19/014
NIM/NIDN Creators: 44316110010
Uncontrolled Keywords: Online Mobile Games, Around Game Advertising, Efektivitas
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 519 Prbabilities n Applied mathematics/Matematika Terapan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 790.1-790.9 Standard Subdivisions of Recreational and Performing Arts/Subdivisi Standar dari Olah Raga dan Seni Pertunjukan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 793 Indoor Game and Amusements/Permainan dalam Ruangan, Hiburan dalam Ruangan > 793.7 Games not Characterized by Action/Permainan yang Tidak Dibatasi Gerakan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 15 Feb 2022 03:56
Last Modified: 29 Mar 2023 07:11
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/56068

Actions (login required)

View Item View Item