STRATEGI HUMAS PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAERAH OPERASI 1 JAKARTA MELALUI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PROGRAM KEMITRAAN DAN BINA LINGKUNGAN

ROMADLON, FREZA NISFI (2020) STRATEGI HUMAS PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAERAH OPERASI 1 JAKARTA MELALUI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PROGRAM KEMITRAAN DAN BINA LINGKUNGAN. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jatisampurna.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN PERBAIKAN.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR TANDA LULUS SIDANG.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Perkembangan di bidang transportasi setiap tahun semakin berkembang dan meningkat. Salah satunya PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang mengalami perkembangan tersebut. Keberhasilan perkembangan tersebut tidak bisa berjalan tanpa memperhatikan kondisi dan lingkungan sekitar. Banyak masalah yang terjadi di lingkungan sekitar perusahaan, termasuk masalah yang terjadi pada masyarakat yang tinggal di sekitar rel kereta api seperti sering terjadinya kecelakaan diperlintasan rel kereta api dan pelemparan batu ketika kereta api lewat. Bahkan pada tahun 2016, terjadi kasus pelemparan batu sebanyak 43 kasus. Permasalahan tersebut tentu tidak dibiarkan begitu saja tetapi menjadi tanggung jawab perusahaan. Oleh karena itu, PT Kereta Api Indonesia (Persero) melaksanakan kegiatan Coporate Social Responsibility (CSR) sebagai tanggung jawab atas permasalahan sosial dan lingkungan yang sedang terjadi. Kegiatan CSR yang dilaksanakan, salah satunya di PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta yang melaksanakan CSR program Kemitraan dan Bina Lingkungan dengan tujuan untuk pemberdayaan masyarakat sosial sekitar lingkungan perusahaan yang beracuan pada prinsip Good Corporate Governance. Teori strategi Humas yang digunakan yaitu tahapan-tahapan Corporate Social Responsibility (CSR) dari mulai Research and Listening, Planning and Decision, Action and Communication, dan Evaluation. Teori ini sama saja dengan teori strategi Humas yaitu fact finding, planning, communicating, dan evaluation. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunankan wawancara dan observasi mendalam pada Senior Manajer Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Senior Manager Keuangan PT KAI Daop 1 Jakarta dan mitra binaan yang memperoleh bantuan CSR PKBL. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukan bahwa PT KAI Daop 1 Jakarta pada tahapan research and listening melakukan kegiatan survey atau kunjungan dan mendengarkan kebutuhan dan keinginan masyarakat melalui proposal yang diajukan. Pada tahapan planning and decision untuk anggaran dana CSR PKBL akan ditentukan pada saat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Kantor Pusat dan waktu pelaksanaan akan dilakukan setelah anggaran dana CSR PKBL sudah turun. Kemudian pada tahapan action and communication, dilakukannya penyaluran dana CSR PKBL dan disisipkan dengan penyampaian pesan melalui sosialisasi yang disampaikan oleh pihak Humas PT KAI DaOp 1 Jakarta. Pada tahapan evaluation yang menjadi bahan evaluasi yaitu lokasi, kondisi lingkungan dan kelengkapan administrasi. Untuk kendala yang dihadapi yaitu pada perjalanan yang ditempuh karena jauh dan kegiatan monitoring yang perlu menyesuaikan waktu untuk pelaksanaannya. Kata Kunci : Strategi Humas, PT Kereta Api Indonesia (Persero), CSR PKBL ABSTRACT The development of transportation field is growing and increasing every year. One of them is PT Kereta Api Indonesia (Persero) which experienced this development. The success of these developments cannot work without regard to the conditions and the surrounding environment. Many problems occur in the environment around the company, including problems that occur in people who live around the railroad tracks such as frequent accidents on the railroad crossing and stones throwing when the train passes. Even in 2016, there were 43 cases of stone throwing. The problem is certainly not just left but it is the responsibility of the company. Therefore, PT Kereta Api Indonesia (Persero) carries out Corporate Social Responsibility (CSR) activities as a responsibility for social and environmental problems that are occurring. One of them is implements Partnership and Community Development program with the aim of empowering the social community around the company environment which is referring to the principles of Good Corporate Governance at Operational Area 1 Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero). The theory of PR strategy used the stages of Corporate Social Responsibility (CSR) start from Research and Listening, Planning and Decision, Action and Communication, and Evaluation. This theory is tantamount to the theory of PR strategies, namely fact finding, planning, communicating, and evaluation. The type of research used in this study is descriptive with qualitative approach. The method used is descriptive-qualitative with data collection techniques using interviews and in-depth observations at the Senior Public Relations Manager of Operation Area 1 Jakarta PT KAI, Senior Finance Manager of Operation Area 1 Jakarta PT KAI, and trained partners who receive PKBL CSR assistance. Based on the research, Operational Area 1 Jakarta PT KAI is in the research and listening stage conducted survey or visit activities and listened to the wishes and needs of the community through the proposal submitted. At the planning and decision stage for the PKBL CSR fund budget, it will be determined at the General Meeting of Shareholders (RUPS) at the Head Office and the implementation time will be carried out after the PKBL CSR fund budget are disbursed. Then in the action and communication stage, the distribution of CSR PKBL funds was carried out and inserted with the delivery of messages through the socialization delivered by Public Relations of Operation Area 1 Jakarta PT KAI. In the evaluation stage, the evaluation material is location, environmental conditions and administrative completeness. For the obstacles faced, namely on the journey taken because of distance and monitoring activities that need to adjust the time for implementation. Keywords : Public Relations Strategy, PT Kereta Api Indonesia (Persero), CSR PKBL

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
Call Number CD: FK-PR 19 053
NIM: 44217310030
Uncontrolled Keywords: Strategi Humas, PT Kereta Api Indonesia (Persero), CSR PKBL
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 17 Mar 2020 10:16
Last Modified: 17 Mar 2020 10:16
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55632

Actions (login required)

View Item View Item