DAMPAK PEMBANGUNAN FLYOVER TERHADAP KINERJA PERSIMPANGAN CIPENDAWA BEKASI

SAMADIKUN, SUBHANDIKA (2020) DAMPAK PEMBANGUNAN FLYOVER TERHADAP KINERJA PERSIMPANGAN CIPENDAWA BEKASI. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jatisampurna.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pernyataan.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Lembar Pengesahan.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Daftar Isi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Daftar Gambar.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Tabel.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text
9. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
14. Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
15. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)

Abstract

ABSTRAK Bekasi merupakan salah satu Kota dengan potensi terbaik di Jabodetabek sebagai lokasi pengembangan perindustrian, Hal ini menjadi penyebab jumlah penduduk Kota Bekasi meningkat pesat setiap tahunnya yang disertai dengan adanya peningkatan daya beli masyarakat akan kendaraan pribadi sehingga menyebabkan kemacetan yang hampir dapat ditemui di seluruh ruas-ruas jalan strategis di wilayah Kota Bekasi. Salah satu titik yang sering terjadi kemacetan di Kota Bekasi adalah simpang Cipendawa. Untuk mengatasi masalah ini Pemerintah Kota Bekasi membangun sarana insfrastruktur yaitu dengan membangun jalan layang Cipendawa. Namun dengan adanya proses pembangunan jalan layang menambah kemacetan yang terjadi di simpang Cipendawa selama masa pembangunan. Maka dari itu Tugas Akhir ini diambil bertujuan untuk menganalisis kinerja simpang bersinyal Cipendawa dan ruas Jalan Raya Narogong dengan memberikan alternatif. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997 (MKJI-1997). Data didapat dengan melakukan survei terhadap volume lalu lintas, waktu siklus, geometrik simpang serta volume dan kecepatan arus lalu lintas pada ruas jalan utama yaitu Jalan Raya Narogong Dari perhitungan analisis data didapat hasil kinerja persimpangan Cipendawa – Bekasi pada pagi hari memiliki nilai Los F (dengan tundaan 1155,18 det/smp), siang hari memiliki nilai Los F (dengan tundaan 341,05 det/smp), dan sore hari memiliki nilai Los F (dengan tundaan 982,84 det/smp). Selanjutnya dilakukan alternatif dengan adanya pengalihan arus lalu-lintas dan didapat tingkat pelayanan simpang nilai Los masih sama dengan kondisi existing yaitu F, akan tetapi bila dilihat dari tundaan simpang rata-rata nya dengan adanya pengalihan arus menjadi lebih baik. Dimana pada kondisi pagi tundaan simpang rata-rata 1155,18 berubah menjadi (65,76), kondisi siang 341,05 menjadi (68,64) dan kondisi sore 982,84 menjadi (192,33). Untuk ruas Jalan Raya Narogong Level Of Service (LOS) tergolong sangat buruk yaitu F pada pagi hari, maka diperlukan alternatif solusi dengan mengasumsikan untuk kendaraan berat (HV) dilarang melintas pada jam 06.00-08.00 dan didapatkan hasil nilai Los E dengan nilai DS 0,86 lebih baik dari kondisi existing yaitu nilai DS 1,05 Kata kunci : MKJI, Simpang Bersinyal, Level Of Service, Kinerja Simpang Bersinyal dan Ruas Jalan. ABSTRACT Bekasi is one of the city with the best potention in jabodetabek as an industrial development location. this is why the population in kota bekasi increased in every years accompanied by people purchasing power through the private vehicle so the traffic congnestion can be found in every strategic road in kota Bekasi. One of location point which always has a traffic in kota Bekasi is in Cipendawa intersection. For resolve this problem the government of kota Bekasi build the infrastructure fasilities by building Cipendawa fly over. However, with its process increased the traffic that occur in Cipendawa intersection. Therefore, this thesis aiming for analysis Cipendawa signalized intersection performance and Jalan Raya Narogong by giving the alternative. The method used in this research is the method of Manual of Capacity of Road Indonesia 1997 (MKJI-1997) Data obtained by conducting surveys on traffic volume, cycle time and geometric junctions and the volume and velocity of the main road Jalan Raya Narogong from existing data analysis, obtained that the result of Cipendawa-Bekasi intersection performance in the morning has LOS value (with delay value 1155,18 det/smp),in the afternoon has LOS value (with delay value 341,05 det/smp), and in the evening has LOS value (with delay value 982,84 det/smp). ). After that current diversion traffic carried out and the result of level service interaction is LOS value still same with the exsisting condition F. However when viewed from the average intersection delay there is better diverting currents where the average intersection delay is 1155,18 change to be (65,76). Afternoon 341,05 becomes (68,64) and evening 982,84becomesi (192,33). The Level Of Service (LOS) of Narogong road has a very bad condition that is F in the morning so that the alternative solution is with assume to prohibit heavy vehicels from passing at 06.00-08.00 and obtained LOS value E with DS value 0,86. That is better than existing condition with DS value 1,05. Keywords: MKJI, Signalized intersection , Roads, Level Of Service, Signalized intersection Performance and Road Section.

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
Call Number CD: FT/SIP 19 018
NIM: 41115310021
Uncontrolled Keywords: MKJI, Simpang Bersinyal, Level Of Service, Kinerja Simpang Bersinyal dan Ruas Jalan.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 624 Civil Engineering/Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 17 Mar 2020 07:45
Last Modified: 17 Mar 2020 07:45
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55623

Actions (login required)

View Item View Item