STRATEGI HUMAS PT. SAMUDERA INDONESIA SHIP MANAGEMENT UNTUK MEMBERIKAN LAYANAN YANG SANGAT BAIK UNTUK PELANGGAN

PRASETYO, ADITYA (2020) STRATEGI HUMAS PT. SAMUDERA INDONESIA SHIP MANAGEMENT UNTUK MEMBERIKAN LAYANAN YANG SANGAT BAIK UNTUK PELANGGAN. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jatisampurna.

[img]
Preview
Text
1. COVER FIX.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar persetujuan skripsi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Lembar tanda lulus sidang skripsi.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Lembar pengesahan perbaikan skripsi.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. DAFTAR ISI (1).pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text
9. bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB)
[img]
Preview
Text
5. SURAT PERNYTAAN.PDF

Download (628kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Pada penelitian ini, peneliti memfokuskan kepada PR / Humas PT. Samudera Indonesia Ship Management dalam mengatasi komplain pelanggan untuk tetap terlihat / terkesan baik dimata pelanggan. Karenanya sangat ditentukannya pemahaman tentang strategi menagatasi komplain pelanggan serta menjalin hubungan baik dengan pelanggan merupakan salah satu kepandaian dari seorang PR / Humas. Teori yang digunakan adalah teori komunikasi, teori customer relations manurut Morisson dan konsep strategi oleh Ahmad S. Adnanputra mengacu pada cutlip. Tipe penelitian yang digunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif metode penelitian deskriptif bertujuan mengumpulkan informasi aktual secara rinci yang menggambarkan gejala yang ada. Melalui kegiatan wawancara depth interview dengan narasumber dan menggabungkan catatan dilapangan serta data dan informasi yang ada.Hasil penelitian menunjukkan dari 5 rincian strategi berdasarkan konsep Ahmad S. Adnanputra mengenai strategi humas dalam menangani komplain pelanggan, Humas PT. Samadera Indonesia Ship Management menjalankan 5 strategi komunikasi berdasarkan konsep. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Strategi Humas PT. Samudera Indonesia Ship Management dalam mengatasi komplain seperti keterlambatan pengiriman, kerusakan barang yang diterima & kekeliruan alamat tujuan. Namun untuk memanjakan dan memberikan layanan yang lebih baik untuk pelanggan di masa mendatang SISM harus membuat inovasi selanjutnya dalam upaya memudahkan pelanggan menyampaikan komplain. ABSTRACT In this study, researchers focused on PR / PR PT. Samudera Indonesia Ship Management in overcoming customer complaints to remain visible / impressed both in the eyes of customers. Therefore, it is very determined understanding of strategies to overcome customer complaints and establish good relationships with customers is one of the intelligence of a PR / PR. The theory used is communication theory, customer relations theory according to Morisson and the concept of strategy by Ahmad S. Adnanputra refers to the cutlip. The type of research used is descriptive with a qualitative approach descriptive research method aims to collect actual information in detail that describes the symptoms that exist. Through interviews, depth interviews with resource persons and combining field notes and existing data and information. The results of the study showed that from 5 detailed strategies based on Ahmad S. Adnanputra's concept of public relations strategy in handling customer complaints, PT. Samadera Indonesia Ship Management operates 5 communication strategies based on concepts. The conclusion of this research is the Public Relations Strategy of PT. Samudera Indonesia Ship Management in dealing with complaints such as late delivery, damage to goods received & error of destination address. But to indulge and provide better services for customers in the future SISM must make further innovations in an effort to make it easier for customers to submit complaints.

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
Call Number CD: FK/PR 19 038
NIM: 44215210038
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 14 Mar 2020 05:38
Last Modified: 14 Mar 2020 05:38
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55577

Actions (login required)

View Item View Item