ANALISA KAPASITAS DAYA GARDU TRAKSI CIPETE RAYA PT MRT JAKARTA UNTUK PERSIAPAN PENGEMBANGAN PENGOPERASIAN KERETA

SETIAWAN, APRI AJI (2021) ANALISA KAPASITAS DAYA GARDU TRAKSI CIPETE RAYA PT MRT JAKARTA UNTUK PERSIAPAN PENGEMBANGAN PENGOPERASIAN KERETA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (600kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (502kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)

Abstract

Congestion has occurred in many big cities in Indonesia, especially in DKI Jakarta, there have been many congestion but it is not balanced with road widening due to narrow land, therefore the government directs people to use mass transportation, one of which is Train Transportation, to overcome congestion in the capital, the government made a train project, namely the Mass Rapid Transit (MRT) train which was later called the Jakarta MRT, for now the Jakarta MRT is conducting its train travel operation with a Headway of 10 minutes for normal hours and 5 minutes for rush hour, in the future when more and more passengers, planning is needed for the development of train operations. MRT Jakarta can do headway engineering to disentangle passenger density, by reducing the headway, adequate facilities and infrastructure are also needed, one of which is electrical equipment for train supply. Maximum ability to supply train operations must also be considered. the electric power of the train against the available Traction Substation capacity. This analysis involves calculating the use of a traction substation with the desired headway. So that later the results of the use of the train's electric power will be obtained according to the headway used, then an analysis is carried out for the ability of the traction substations that will supply train operations in preparation for the development of train operations. For now, the Cipete Raya traction substation can supply up to 9700 kVA for transformer power capacity, 9000 kW for rectifier power capacity, and for allowable loads up to 150% of the existing capacity for 2 hours, so that the capacity and Existing specifications, Cipete Raya traction substation can supply up to 3 minutes headway for normal conditions, and for emergency conditions can supply up to 5 minutes headway. Keywords: Congestion, Train, Headway, Traction Substation Kemacetan sudah banyak terjadi di kota-kota besar di Indonesia, terlebih di DKI Jakarta, sudah banyak terjadi kemacetan namun tidak seimbang dengan pelebaran jalan karena sempitnya lahan, oleh karena itu pemerintah mengarahkan masyarakat untuk menggunakan Transportasi masal, salah satunya yaitu Transportasi Kereta, untuk mengatasi kemacetan di Ibu Kota, pemerintah membuat suatu proyek kereta yaitu kereta Mass Rapid Transit (MRT) yang kemudian disebut MRT Jakarta, untuk saat ini MRT Jakarta memiliki 4 gardu traksi, salah satunya yaitu gardu traksi Cipete Raya, saat ini MRT Jakarta melakukan operasi perjalanan kereta nya dengan Headway 10 menit untuk jam normal dan 5 menit untuk jam sibuk, kedepannya ketika penumpang semakin banyak maka dibutuhkan perencanaan untuk pengembangan operasi kereta. MRT Jakarta bisa melakukan rekayasa headway untuk mengurai kepadatan penumpang, dengan memperkecil headway maka diperlukan juga sarana dan prasarana yang memadai, salah satunya peralatan listrik untuk suplai kereta juga harus diperhatikan kemampuan maksimal nya dalam menyuplai operasi kereta, oleh karena itu maka harus dilakukan analisa perhitungan kebutuhan daya listrik kereta terhadap kapasitas Gardu Traksi yang tersedia. Analisa ini meilputi menghitung penggunaan gardu traksi dengan headway yang diingikan. Sehingga nantinya akan diperoleh hasil penggunaan daya listrik kereta sesuai dengan headway yang digunakan, lalu dilakukan analisis untuk kemampuan gardu traksi yang akan menyuplai pengoperasian kereta untuk persiapan pengembangan operasi kereta. Untuk saat ini gardu traksi Cipete Raya bisa menyuplai sampai dengan daya sebesar 9700 kVA untuk kapasitas daya transformator, 9000 kW untuk kapasitas daya rectifier, dan untuk beban yang perbolehkan yaitu sampai dengan 150% dari kapasitas yang ada untuk waktu 2 jam, sehingga dengan kapasitas dan spesifikasi yang ada, gardu traksi Cipete Raya bisa menyuplai sampai dengan headway 3 menit untuk kondisi normal, dan untuk kondisi darurat bisa menyuplai sampai dengan headway 5 menit. Kata Kunci : Kemacetan, Kereta, Headway, Gardu Traksi

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41419110082
Uncontrolled Keywords: Kemacetan, Kereta, Headway, Gardu Traksi
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 530 Physics/Fisika
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 530 Physics/Fisika > 537 Electricity/Fisika Listrik
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 530 Physics/Fisika > 537 Electricity/Fisika Listrik > 537.6 Electrodinamics, Electric Current/Elektrodinamik, Arus Listrik
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.1 Railroad Engineering/Teknik Jalan Kereta Api, Teknik Rel Kereta Api
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 03 Feb 2022 06:55
Last Modified: 03 Feb 2022 06:55
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55308

Actions (login required)

View Item View Item