SIMULASI MONITORING BREAKDOWN MESIN VIA SMS BERBASIS ARDUINO UNO

NEGARA, PANDU SASTRA (2017) SIMULASI MONITORING BREAKDOWN MESIN VIA SMS BERBASIS ARDUINO UNO. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
Hal Cover.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.docx.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text
BAB I (Pendahuluan).pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
BAB II (Landasan Teori).pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
BAB III (Perancangan Alat).pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
BAB IV (Pengujian Alat Dan Analisa).pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
BAB V (Kesimpulan Dan Saran).pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)

Abstract

ABSTRAK Pada piramida breakdown mesin didapakan tiga level kerusakan. Level satu, kerusakan berat atau kerusakan fatal. Level dua, kerusakan sedang. Dimana dalam kondisi ini, mesin mengalami kerusakan secara periodik. Level ketiga, kerusakan kecil. Pada kondisi ini banyak kemungkinan terjadinya kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan sistem maupun diakibatkan oleh material. Tujuan alat ini dirancang adalah untuk memudahkan komunikasi antara operator mesin dengan tim ME, sehingga kerusakan pada mesin dapat diselesaikan dengan cepat. Rancangan alat ini terdiri dari sebuah Arduino Uno sebagai pengolah data, perangkat pengirim SMS modul GSM/GPRS SIM800L, power supply dan DC to DC converter stepdown (Buck Converter). Prinsip kerja dari alat ini yaitu ketika mesin mengalami kerusakan dan lampu indikator berwarna merah menyala, saati itu Arduino mendapatkan sinyal input dari lampu tersebut dan memproses program untuk memerintahkan SIM800L mengirimkan SMS. SMS akan dikirimkan ke nomor tujuan dengan empat tahap, pada tahap pertama SMS akan dikirimkan pada 5 menit pertama ketika mesin breakdown, tahap ke dua SMS dikirim setelah 10 menit berlalu, tahap ke tiga SMS dikirm setelah 15 menit, tahap ke empat SMS dikirim apabila mesin sudah beroperasi dan terus berulang selama mesin masih beroperasi. Dari hasil pengujian dan analisa yang dilakukan, diperoleh waktu tempuh sms yang dengan lima provider yang berbeda adalah Telkomsel 5 menit 8 detik, Indosat Ooredoo 5 menit 13 detik, XL 5 menit 10 detik, 3 (Tri) 5 menit 22 detik dan Smartfren 5 menit 17 detik dengan set timer 5 menit. Kata kunci : Breakdown, Mikrokontroler, Arduino, SIM800L, SMS (Short Message Service)

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/ELK 17 005
NIM/NIDN Creators: 41412320008
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Breakdown, Mikrokontroler, Arduino, SIM800L, SMS (Short Message Service)
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.3 Electrical Engineering, Lighting, Superconductivity, Magnetic Engineering, Applied Optics, Paraphotic Technology, Electronics Communications Engineering, Computers/Teknik Elektro, Pencahayaan, Superkonduktivitas, Teknik Magnetik, Optik Terapan, Tekn
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 01 Feb 2022 16:07
Last Modified: 01 Feb 2022 16:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55125

Actions (login required)

View Item View Item