RANCANG BANGUN KENDALI DOUBLE HOIST PADA OVERHEAD TRAVELLING CRANE BERBASIS PLC

GUSTIAWAN, HENDRA (2017) RANCANG BANGUN KENDALI DOUBLE HOIST PADA OVERHEAD TRAVELLING CRANE BERBASIS PLC. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Bekasi.

[img]
Preview
Text
Hal Cover.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img] Text
BAB III PERANCANGAN ALAT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (872kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENGUJIAN DAN ANALISA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Rancang Bangun Kendali Double Hoist Pada Overhead Travelling Crane Berbasis PLC Overhead Travelling Crane merupakan pesawat pengangkat alat berat yang banyak digunakan dalam dunia infrastruktur, maupun industri yang digunakan untuk memindahkan muatan berat dari suatu tempat ke tempat lain yang tidak jauh, terutama untuk memindahkan material dalam skala cukup besar yang tidak dapat dilakukan oleh kemampuan tenaga manusia. Dalam dunia infrastuktur maupun industri, terlebih suatu perusahaan yang memproduksi menghasilkan suatu barang dalam jumlah banyak ataupun material yang besar dan berat, Overhead Travelling Crane ini digunakan untuk mempermudah dalam sisi kecepatan dalam perpindahan barang dan material, karena berhubungan dengan proses suatu produksi yang tentunya berhubungan dengan waktu produksi. Permasalahannya adalah satu Overhead Travelling Crane dalam satu girder terdapat dua unit hoist dalam satu jalur rel, adapun terdapat hambatan suatu ruangan yang tinggi yang ruangan tersebut berada dibawah girder. Diruangan tersebut terdapat empat buah pintu diantaranya dua pintu masuk dan dua pintu keluar. Dalam hal ini sistem penggeraknya yaitu motor (Long Travel) membutuhkan kecepatan dalam proses suatu produksi, sehingga untuk merealisasikan hal tersebut sistem kendali Overhead Travelling Crane menggunakan PLC pada pemodelan 2 hoist dan Long Travel yang bertujuan timing proses produksi menjadi lebih maksimal. Berdasarkan hasil analisa dan pengujian yang telah dilakukan pada penelitian ini, kecepatan motor Long Travel dengan mengunakan PLC kecepatan rata-rata pergerakkan maju dan akurasi jarak tempuh maju pengukuran 10cm – 30 cm dengan kenaikan 5cm adalah 1,2cm/detik sebesar 97,18 % , dengan error 2,82 %. Kecepatan rata-rata pergerakkan maju dan jarak tempuh pengukuran 5cm – 45cm dengan kenaikan 10cm adalah 1,3cm/detik sebesar 97,7 % ,dengan error 2,3 %. Kecepatan rata-rata pergerakkan mundur dan akurasi jarak tempuh mundur pengukuran 10cm – 30 cm dengan kenaikan 5cm adalah 1,31cm/detik sebesar 98,06 % ,dengan error 1,94 %. Kecepatan rata-rata pergerakkan mundur dan jarak tempuh pengukuran 5cm – 45cm dengan kenaikan 10cm adalah 1,3cm/detik, sebesar 98,02 % ,dengan error 1,98 %. Percobaan Akurasi Jarak Ditempuh Long Travel Crane (Maju) Dengan Beban adalah 98,04% dan errornya yaitu 1,96% . Untuk Akurasi mundur adalah 96,78 dan error yaitu 3,22% Kata kunci : Overhead Travelling Crane, Motor Long Travel, Double Hoist, PLC Omron (Programable Logic Controller)

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/ELK 17 002
NIM/NIDN Creators: : 41412320004
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Overhead Travelling Crane, Motor Long Travel, Double Hoist, PLC Omron (Programable Logic Controller)
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.3 Electrical Engineering, Lighting, Superconductivity, Magnetic Engineering, Applied Optics, Paraphotic Technology, Electronics Communications Engineering, Computers/Teknik Elektro, Pencahayaan, Superkonduktivitas, Teknik Magnetik, Optik Terapan, Tekn
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: siti maisyaroh
Date Deposited: 01 Feb 2022 14:37
Last Modified: 01 Feb 2022 14:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55122

Actions (login required)

View Item View Item