FENOMENA FEAR OF MISSING OUT PADA GENERASI MILLENIAL DALAM JEJARING SOSIAL MEDIA INSTAGRAM

NINGYASTUTI, WIJI RAHAYU (2020) FENOMENA FEAR OF MISSING OUT PADA GENERASI MILLENIAL DALAM JEJARING SOSIAL MEDIA INSTAGRAM. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
4. ABSTRAK.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
2. LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (20kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (BAB II)
11. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text (BAB III)
12. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (BAB IV)
13. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text (BAB V)
14. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Millennials are known as a generation of high-intensity social media users. This condition makes millennials continue to be connected with social media and are exposed to a variety of content from social media continuously. Millennials not only use social media to spend time, or find out the information they want but also unconsciously use it to keep up with the news, lives and, activities of others. It is as if they have to know everything that is happening. Sometimes even to the point of causing anxiety on themselves, which condition is called the Fear of Missing Out (FoMO). Millennials continue to communicate with their friends on social media, are exposed to content created by their friends, and even follow social media trends to show that they are up-todate and live a happy life. This phenomenon of Fear of Missing Out is examined by the authors in this study. This research uses Alfred Schutz's phenomenology theory. This theory combines scientific knowledge with everyday experience and the activities from which experience and knowledge. In other words, basing social action, experience, meaning, and awareness. This theory uses to describe the motives behind the millennial generation using Instagram, the causes of FoMO, the content that causes FoMO, FoMO indications, and FoMO characteristics. This study aims to find out how FoMO occurs in millennials who use Instagram. This research uses descriptive with a qualitative approach. Researchers collect data primarily with in-depth interviews and observations on the millennial generation who use Instagram actively, 6 informants. The results obtained are the millennials who use Instagram excessively can cause FoMO, millennials who experience FoMO in Instagram has several indications and also certain characteristics. Such as fear, anxiety, and worry. Keywords: New Media, Instagram, Millennials, FoMO, Phenomenology Millennial diketahui sebagai generasi pengguna sosial media dengan intensitas tinggi. Kondisi ini membuat millennials terus terhubung dengan sosial media dan terpapar berbagai konten dari sosial media secara terus menerus. Para generasi millennial tidak hanya menggunakan sosial media untuk menghabiskan waktu, atau mencari tahu informasi yang mereka inginkan, tetapi juga tanpa sadar menggunakannya untuk mengikuti berita, kehidupan, dan kegiatan orang lain. Seolah mereka harus tahu setiap hal yang sedang terjadi. Bahkan terkadang hingga menimbulkan kegelisahan pada diri mereka, yang mana kondisi tersebut dinamakan Fear of Missing Out (FoMO). Millenials terus berkomunikasi dengan teman-temannya di sosial media, terpapar konten yang diciptakan oleh teman-temannya, dan bahkan mengikuti trend sosial media untuk menunjukan bahwa mereka kekinian dan menjalani hidup yang bahagia. Fenomena Fear of Missing Out inilah yang dikaji oleh penulis dalam penelitian ini. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori fenomenologi Alfred Schutz. Teori ini menggabungkan antara pengetahuan ilmiah dengan pengalaman seharihari, dan kegiatan dimana pengalaman dan pengetahuan itu berasal. Dengan kata lain mendasarkan tindakan sosial, pada pengalaman, makna dan kesadaran. Ini digunakann penulis untuk medeskripsikan motif apa yang melatar belakangi generasi millennial menggunakan Instagram, penyebab terjadinya FoMO, konten yang menyebabkan FoMO, indikasi FoMO, serta karakteristik FoMO. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana FoMO terjadi pada generasi millennial yang menggunakan Instagram. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti mengumpulkan data secara primer dengan wawancara mendalam dan observasi pada generasi millennial yang menggunakan Instagram secara aktif, informan sebanyak 6 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa generasi millennial yang menggunakan Instagram secara berlebihan dan terpapar berbagai konten secara terus menerus dapat menyebabkan FoMO, diketahui juga millennial yang mengalami FoMO pada Instagram memiliki beberapa indikasi dan juga karakteristik tertentu. Seperti ketakutan, kekhawatiran, dan kecemasan. Kata kunci: New media, Instagram, Generasi Millenial, FoMO, Fenomenologi

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
Call Number: SK/41/20/010
NIM: 44115110022
Uncontrolled Keywords: New media, Instagram, Generasi Millenial, FoMO, Fenomenologi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.17 Print Media/Media Cetak
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi) > 302.232 Print Media/Media Tercetak
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 09 Feb 2021 03:59
Last Modified: 09 Feb 2021 03:59
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55024

Actions (login required)

View Item View Item