STRATEGI MEMBANGUN PRODUCT BRANDING MEDIA SOSIAL PADA UMKM OPAK MELATI PANDEGLANG BANTEN

DEVARA, RENATTA ELISA (2020) STRATEGI MEMBANGUN PRODUCT BRANDING MEDIA SOSIAL PADA UMKM OPAK MELATI PANDEGLANG BANTEN. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar pernyataan.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar pengesahan.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
8. Daftar Tabel.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
7. daftar gambar.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text (BAB II)
11. Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text (BAB III)
12. Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text (BAB IV)
13. Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text (BAB V)
14. Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
15. Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pada perkembangannya brand memiliki fungsi yaitu sebagai pengenal identitas branding kepada orang lain, sebagai bentuk promosi atas daya tarik, pembangunan citra produk, jaminan sebuah kualitas produk, pemberi keyakinan, hingga pengendali atas orang-orang yang ada disekelilingnya. Kegiatan Peduli Negeri pada UMKM yang dilakukan di daerah Pandeglang Banten pada tahun 2019 adalah untuk membantu para pengelola sekaligus pemilik UMKM dapat memperoleh pemasaran dengan jaringan konsumen yang lebih maksimal. Pada observasi yang dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2019, di Pandeglang Banten terdapat UMKM yang produknya berupa Opak yang diberi nama Opak Melati. Pada pengelolaan produk Opak, pengelola memproduksi jenis Opak yang berbeda dari biasanya berupa Opak jenis rasa buah. Berdasarkan data observasi yang dilakukan oleh team TAPN salah satu permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Opak Melati adalah masih sempitnya jangkauan pemasaran dan masih rendahnya kemampuan para pengelola UMKM dalam membangun product branding dan pemanfaatan media sosial sebagai sarana pemasaran, hal ini mengakibatkan pemasaran produk yang dilakukan hanya di wilayah lokal Pandeglang saja. Oleh karna itu perlu dilakukan kegiatan pelatihan dan pendampingan kepada pengelola UMKM Opak Melati di Pandeglang Banten berkaitan dengan membangun produk branding di media sosial agar meingkatkan jangkauan pasar lebih luas lagi. Media sosial yang dapat membangun product branding agar meningkatkan jangkauan pasaran yaitu Facebook dan Instagram. Media sosial tersebut akan memungkinkan para pengelola UMKM untuk memperluas jaringan calon pembeli dan memungkinkan untuk lebih banyak orang yang melihat produk Opak Melati. Hal ini bertujuan agar produk dapat membangun citra pada produk dengan menggunakan konsep kemasan, logo, dan karakter yang unik agar terlihat menarik. Kegiatan peduli negeri ini dilaksanakan dengan memberikan pelatihan selama 1 hari dan pendampingan selama 3 bulan melalui Group Whatsapp dan jumlah peserta yaitu 25 orang dengan membawakan materi mengenai strategi membangun produk branding di media sosial. Metode kegiatan yang digunakan berupa ceramah, tanya jawab, diskusi, dan praktek. Evaluasi pada kegiatan ini adalah aspek pengetahuan dan keterampilan. Kata Kunci : Product branding, Brand awarness, Media Sosial, UMKM, Opak Melati

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
Call Number: SK/45/20/006
NIM: 44516010006
Uncontrolled Keywords: Product branding, Brand awarness, Media Sosial, UMKM, Opak Melati
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi) > 302.232 Print Media/Media Tercetak
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Digital
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 08 Feb 2021 03:55
Last Modified: 08 Feb 2021 03:55
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/55000

Actions (login required)

View Item View Item