ANALISA KERUSAKAN DAN REDESIGN STRUCTURE FRAME POWER TRANSFORMERS TRAILER MENGGUNAKAN SOLIDWORKS

ADISIWI, GILANG (2020) ANALISA KERUSAKAN DAN REDESIGN STRUCTURE FRAME POWER TRANSFORMERS TRAILER MENGGUNAKAN SOLIDWORKS. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. ABSTRAK.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06. DAFTAR ISI.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
07. DAFTAR TABEL.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
08. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
09. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text (BAB II)
10. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB)
[img] Text (BAB III)
11. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text (BAB IV)
12. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (742kB)
[img] Text (BAB V)
13. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)

Abstract

19 Meter Power Transformers adalah sebuah alat transportasi pengangkut Trafo yang terdiri dari lima axle trailer dan empat main beam yang disambungkan oleh crossmember dengan cara di welding ke setiap beamnya, beban muatan tertentu yang ditarik oleh prime mover truck. Struktur 19 Meter Power Transformers mempunyai komponen utama yaitu Frame. Frame ini ini terdiri dari beam dan crossmember. Frame existing mengalami deformasi yaitu struktur melengkung akibat menerima beban kerja yang sangat berat. Berawal dari kerusakan itulah dibutuhkan analisa kerusakan dan optimasi desain Frame agar struktur Frame mampu menahan beban kerja tanpa adanya deformasi pada struktur Frame. Dari kerusakan itulah dilakukan suatu Analisa dan perancangan ini menghasilkan konsep frame dengan Panjang 19.000 mm dan lebar 3.000 mm, frame menggunakan material bisalloy 80 dengan yield strength sebesar 690 N/mm².Frame hasil perancangan tersebut selanjutnya dilakukan Analisa kekuatan strukturnya dan kemudian dibandingkan dengan kekuatan struktur frame sebelumnya (existing). Analisa ini menghasilkan data bahwa tegangan maksimum yang diterima oleh frame existing sebesar 658,1 N/mm² pada area beam yang memiliki nilai kekuatan luluh sebesar 690 N/mm², Artinya beam mengalami deformasi plastis karena tegangan maksimum melebihi batas kekuatan luluh material tersebut. Sedangkan tegangan maksimum yang diterima oleh frame hasil perancangan adalah sebesar 293 N/mm² pada area beam yang memiliki nilai kekuatan luluh sebesar 690 N/mm², artinya batang tidak mengalami deformasi karena tegangan maksimum jauh dibawah batas kekuatan luluh material tersebut. Dari aalisa inilah dapat disimpulkan bahwa frame perancangan dapat dinyatakan baik dan dapat direkomendasikan untuk dibuat dan digunakan pada power tranformers trailer. Kata kunci: power transformers trailer. 19 Meter Power Transformers are transformer transport vehicles consisting of five axle trailers and four main beams which are connected by crossmember by welding to each beam, the load carried by the main drive of the truck. The 19 Meter Power Transformers structure has the main component, namely Frame. This frame consists of beams and crossmember. The current framework is a curved structure that receives a very heavy workload. Framework from frame to frame. The damage done in the analysis and design produced a frame with a length of 19,000 mm and a width of 3,000 mm, a frame using bisalloy 80 material with a yield strength of 690 N / mm². Frame design results are then carried out an analysis of the strength of the structure and then compared with the previous frame structure (already). Data analysis produces the maximum stress received by the existing frame of 658.1 N / mm² in the beam area which has a yield strength of 690 N / mm², the light beam that is considered needs to be repaired. While the maximum stress received by the design frame is 293 N / mm² on the beam area which has a yield strength of 690 N / mm², meaning the rod cannot repair the deformation because the maximum stress allocated at the lower limit of the yield material. It is from this analysis that can conclude the design frame that can be recommended and used for trailer power transformers. Keywords: power transformer trailer

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
NIM: 41314120048
Uncontrolled Keywords: power transformers trailer.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
600 Technology/Teknologi > 630 Agriculture and Related Technologies/Pertanian dan Teknologi Terkait > 632 Plant Injuries, Diseases, Pests/Cedera, Penyakit, dan Hama > 632.1 Damages Caused by Environmental Factors/Kerusakan Disebabkan oleh Faktor Lingkungan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 27 Feb 2020 02:44
Last Modified: 27 Feb 2020 02:44
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/54794

Actions (login required)

View Item View Item