ANALISIS KEMAMPUAN KAPASITAS MAKSIMUM DAYA GARDU TRAKSI ASEAN SEBAGAI UPAYA MEMAKSIMALKAN PENGOPERASIAN KERETA MRT JAKARTA

ANDRIANI, NURUL (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KAPASITAS MAKSIMUM DAYA GARDU TRAKSI ASEAN SEBAGAI UPAYA MEMAKSIMALKAN PENGOPERASIAN KERETA MRT JAKARTA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 cover.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (762kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)

Abstract

MRT Jakarta is a rail-based public transportation with a traction motor. The train is supplied by Overhead Catenary System (OCS). The electricity system is the backbone of the train, PT MRT Jakarta has a special electrical installation system for railways. Traction substations as an electrical installation system to supplies OCS, have a role in the operation of train like as distance of arrival at each station or called headway. This will affect the service and transport capacity of MRT Jakarta. Therefore an analysis of Traction Substation, to prepare predictions and development of train operation and prepare if one of Traction Substation get failure. This research used literature study that looking for relevant references and theories. Field study to collected existing data in the field. Furthermore, data analysis to calculated data according to the formula and analyzed the calculation results. The conclusion of this research, that the ASEAN Traction Substation in normal conditions line Cipete Raya - Dukuh Atas can be operated with the shortest headway 4 minutes and the capacity of rectifier is 101.5%, but the ASEAN Traction Substation can also operate with headway 3 minutes and the capacity of rectifier is 128.6% that can only be operated maximum 120 minutes . The ASEAN Traction Substation during emergency condition, if Cipete Raya Traction Substation get failure at Lebak Bulus - Dukuh Atas line, the trains can be operated with the shortest headway for 6 minutes and the capacity of rectifier is 95.4%. Keywords: Headway, MRT Jakarta, Traction Substation, Train MRT Jakarta merupakan transportasi umum berbasis rel dengan jenis kereta berpenggerak motor traksi yang disuplai dari jaringan Listrik Aliran Atas (LAA). Sistem kelistrikan sebagai tulang punggung dalam berjalannya kereta, PT MRT Jakarta memiliki sistem instalasi listrik khusus perkeretaapian. Gardu Traksi sebagai sistem instalasi kelistrikan yang menyuplai ke LAA, memiliki peran terhadap berlangsungnya operasional kereta dengan jarak waktu tiba di setiap stasiun atau disebut dengan headway. Hal ini akan berimbas terhadap pelayanan dan kapasitas angkut transportasi MRT Jakarta. Oleh karena itu dilakukan analisis kemampuan Gardu Traksi guna mempersiapkan prediksi dan pengembangan pola pengoperasian kereta serta persiapan pengoperasian kereta jika terjadi gangguan pada salah satu Gardu Traksi. Metode yang digunakan dalam penelitian tugas akhir ini yaitu studi literatur, studi lapangan dan metode analisis data. Studi literatur yaitu mencari referensi dan teori yang relefan. Studi lapangan dengan melakukan pengumpulan data yang ada pada lapangan. Selanjutnya dilakukan analisa data dengan melakukan perhitungan sesuai formula yang digunakan dan menganalis hasil perhitungan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa Gardu Traksi ASEAN pada kondisi normal lintas Cipete Raya – Dukuh Atas dapat mengoperasikan kereta menggunakan headway terpendek 4 menit dengan kapasitas rectifier 101,5 %, namun Gardu Traksi ASEAN juga dapat mengoperasikan headway 3 menit dengan kapasitas rectifier 128,6 % dengan catatan maksimal selama 120 menit. Gardu Traksi ASEAN saat kondisi darurat yaitu Gardu Traksi Cipete Raya mengalami gangguan/off pada lintas Lebak Bulus – Dukuh Atas dapat mengoperasikan kereta menggunakan headway terpendek 6 menit dengan kapasitas rectifier 95,4 %. Kata Kunci: Gardu Traksi, Headway, Kereta, MRT Jakarta.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41419110062
Uncontrolled Keywords: Gardu Traksi, Headway, Kereta, MRT Jakarta.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.3 Electrical Engineering, Lighting, Superconductivity, Magnetic Engineering, Applied Optics, Paraphotic Technology, Electronics Communications Engineering, Computers/Teknik Elektro, Pencahayaan, Superkonduktivitas, Teknik Magnetik, Optik Terapan, Tekn
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:50
Last Modified: 26 Jan 2022 03:50
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/54555

Actions (login required)

View Item View Item