PENGARUH SIKAP, KEPATUHAN DAN KAMPANYE TERHADAP TINGKAT KECELAKAAN DI DKI JAKARTA

SALIM, DESI INDRIANI (2020) PENGARUH SIKAP, KEPATUHAN DAN KAMPANYE TERHADAP TINGKAT KECELAKAAN DI DKI JAKARTA. S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (BAB II)
4. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (BAB III)
5. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text (BAB IV)
6. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text (BAB V)
7. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. Hal Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)

Abstract

This study aims to determine the effect of Persuasive Communication, Public Service and Legal Awareness of the accident rate in Jakarta. This study was conducted on 168 respondents on condition respondent riders of two-wheel or fourwheel already have a driver's license. The sampling technique used was purposive sampling, while analysis tools used Structural Equation Modeling (SEM) on lisrel Program. Hypothesis Testing results showed that the variables significantly influence the Persuasive Communication Traffic Accident variables. This is indicated by the value of the t-value of 5.88, greater than t-table 1.96. That is persuasive communication in the call for people to be carefully and safe driving can reduce the number of accidents. Public Service Ads variables also have a significant effect on the variable Traffic Accident. This is indicated by the value of the t-value of 6.21, greater than t-table 1.96. That is, public service announcements able to influence motorists to be more careful in driving, and this will have an impact on the decline in the number of accidents on the highway. , Legal Awareness variables also have a significant effect on the variable Traffic Accident. This is indicated by the value of the t-value of 4.80, greater than t-table 1.96. That is, the legal awareness of motorists when driving could reduce the number of accidents. The research model tested in this study were able to meet the criteria for eligibility testing models. Keywords: Persuasive Communication, Advertising SERVICE Society, Legal Awareness, And Traffic Accidents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Sikap, Kepatuhan dan Kampanye terhadap Tingkat Kecelakaan di DKI Jakarta. Penelitian ini dilakukan terhadap 186 responden dengan syarat responden pengendara roda dua atau roda empat yang telah memiliki Surat Ijin Mengemudi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purpose sampling, sedangkan alat analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM) pada Program Lisrel. Hasil Pengujian Hipotesis menunjukan bahwa variabel Sikap berpengaruh signifikan terhadap variabel Kecelakaan Lalu Lintas. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t-value 2.07, lebih besar dari nilai t-tabel 1.96. Artinya, semakin baik sikap para pengendara dalam berusaha untuk berkendara dengan baik, maka kemungkinan kecelakaan yang terjadi akan semakin minim Variabel Kepatuhan berpengaruh signifikan juga terhadap variabel Kecelakaan Lalu Lintas. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t-value 3.32, lebih besar dari nilai t-tabel 1.96. Artinya, semakin para pengendara patuh terhadap peraturan lalu lintas di jalan raya, semakin kecil kemungkinan kecelakaan yang terjadi di jalan saat berkendara, selalu jaga jarak aman dalam berkendara, dan selalu ingat keluarga saat berkendara. . Variabel Kampanye juga berpengaruh signifikan terhadap variabel Kecelakaan Lalu Lintas. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t-value 3.27, lebih besar dari nilai t-tabel 1.96. Artinya, semakin baik konsep kamaonye, semakin baik teknik komunikasi kampanye, semakin peduli pengendara akan keselamatan diri mereka di jalan yang tentunya mengurangi kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas Kata kunci : Sikap, Kepatuhan, Kampanye, dan Kecelakaan Lalu Lintas

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
NIM: 43113010238
Uncontrolled Keywords: Sikap, Kepatuhan, Kampanye, dan Kecelakaan Lalu Lintas
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.9 Environmental Psychology/Psikologi Lingkungan > 155.93 Influence of Specific Situations/Pengaruh Situasi Tertentu
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.9 Environmental Psychology/Psikologi Lingkungan > 155.93 Influence of Specific Situations/Pengaruh Situasi Tertentu > 155.936 Accidents/Kecelakaan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 324 Political Process/Proses Politik
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 324 Political Process/Proses Politik > 324.5 Campaigns for Nominations/Kampanye
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 324 Political Process/Proses Politik > 324.9 Political Campaigns/Kampanye Politik
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 05 Feb 2020 01:20
Last Modified: 05 Feb 2020 01:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/54213

Actions (login required)

View Item View Item