PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN GENERASI Z MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Deskriptif Komunitas JKTFoodbang di Instagram)

DIMITHRI, AZALIKA AYLA (2020) PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN GENERASI Z MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Deskriptif Komunitas JKTFoodbang di Instagram). S1-Sarjana thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.Halaman Judul .pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03.SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04.LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05.KATA PENGANTAR.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06.DAFTAR ISI.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
07.DAFTAR TABEL.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
08.Daftar Lampiran.pdf

Download (195kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
09.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (827kB)
[img] Text (BAB II)
10.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
11.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text (BAB IV)
12.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
13.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)

Abstract

Fenomena perilaku konsumen bersifat dinamis artinya selalu mengalami perubahan. Perubahan tersebut terjadi salah satunya adalah faktor perkembangan teknologi. Setiap individu telah terkoneksi satu dengan yang lain sehingga perilaku pembeliannya berubah dari keputusan pembelian secara individual berubah menjadi keputusan pembelian secara bersama-sama komunitasnya baik teman ataupun keluarganya salah satunya melalui media sosial Instagram. Instagram adalah media sosial berbagi foto yang mulai banyak digunakan untuk kepentingan komunikasi pemasaran karena menjadi aplikasi yang dekat dengan generasi muda saat ini, yaitu generasi Z dengan ciri khasnya yang mengedepankan pesan visual dan interaktivitas yang tinggi. Pemasaran menggunakan media sosial sedang populer khususnya di bidang kuliner. Salah satunya adalah akun JKTFoodbang yang memanfaatkan Instagram untuk memberi ulasan mengenai kuliner dari berbagai pengalaman konsumen juga untuk mempromosikannya. Teori yang digunakan adalah Customer Path 4.0 Hermawan Kartajaya 5A. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengambilan keputusan produk kuliner yang terjadi pada generasi Z dari tahap aware, appeal, ask, act,dan advocate melalui komunitas kuliner JKTFoodbang di Instagram. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi deskriptif. Subjek penelitian adalah kelompok generasi Z yang mengetahui atau mengikuti akun JKTFoodbang. Generasi Z memiliki pola perilaku pembelian yang relevan dengan customer path 5A yang terdiri dari aware, appeal, ask, act, dan advocate dalam melakukan pembelian produk kuliner di JKTFoodbang. Namun ditemukan perbedaan pada tahap awal sehingga pola perilaku pembeliannya yaitu Appeal → Aware → Ask → Act → Advocate. Adanya konektivitas mempengaruhi generasi Z untuk memutuskan pembelian produk kuliner berdasarkan pendapat atau ulasan orang lain. sehingga keputusan pembeliannya pun merupakan hasil keputusan pembelian bersama orang lain yang merekomendasikan produk kuliner. Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Generasi Z, Media Sosial

Item Type: Thesis (S1-Sarjana)
NIM: 44314110068
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumen, Generasi Z, Media Sosial
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi) > 302.232 Print Media/Media Tercetak
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 10 Feb 2020 07:50
Last Modified: 10 Feb 2020 07:50
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/54137

Actions (login required)

View Item View Item