FUNGSI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBENTUK STRATEGI KOMUNIKASI MELALUI EDUKASI PEMENUHAN GIZI ANAK (Kampanye Lawan Gizi Buruk Di Kabupaten Subang, Jawa Barat)

ARNANI, MUTHIA KURNIATI SEPTYA (2020) FUNGSI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBENTUK STRATEGI KOMUNIKASI MELALUI EDUKASI PEMENUHAN GIZI ANAK (Kampanye Lawan Gizi Buruk Di Kabupaten Subang, Jawa Barat). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (355kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
7. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] Text (BAB II)
8. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text (BAB III)
9. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (680kB)
[img] Text (BAB IV)
10. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text (BAB V)
11. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (813kB)
[img] Text (BAB VI)
12. Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Health is one of the things that makes a country develop. Starting from public health, it can advance a country because if the community is not healthy, how can the community carry out an activity that can educate their lives so that it cannot encourage the welfare of a country and its people. In the Subang Regency, West Java more attention is needed regarding the fulfillment of child and mother's nutrition. The function of Public Relations is one of which involves a variety of interests in terms of organization, commercial and non-commercial society. The need for the Public Relations function in forming well-structured communication for inside and outside the organization which has a major influence on the audience, in this case Communication in the form of Education of Fulfillment of Children with Malnutrition in the Skinny and Very Thin categories, also in Pregnant Women Chronic Energy Deficiency category (KEK) The Final Project of this Country Care aims to influence the audience by changing the intake of good nutrition and how to maintain personal hygiene, as well as reducing malnutrition data for a broad audience purpose (in this case the Subang District Government) In this study, the author acts as a Communication Strategy Planner and implementation of PR Strategy material in the form of Education to the Community and running a PR Campaign using Instagram as a Media for Disseminating Information. As a Communication Strategy Planner, a PR needs to do Planning Steps such as: setting a PR Operation Target that will later become a benchmark with the results obtained, Determining the Time and Place of the Activity carried out, Calculating the Estimated Costs required and other Supporters such as Cooperation Partners, Arranging Program Concepts and Indicators of Success. Keywords : Public Relations Functions in Health, Persuasion, Campaigns Kesehatan merupakan salah satu hal yang menjadikan suatu negara dapat berkembang. Berawal dari kesehatan masyarakat maka dapat memajukan suatu negara karena apabila masyarakatnya tidak sehat, bagaimana masyarakat tersebut dapat menjalankan suatu aktivitas yang dapat mencerdaskan kehidupan mereka sehingga tidak dapat mendorong kesejahteraan suatu negara dan bangsanya. Di Wilayah Kabupaten Subang, Jawa Barat masih diperlukan perhatian lebih mengenai Pemenuhan Gizi Anak dan Ibu. Fungsi Public Relations yaitu salah satunya menyangkut berbagai kepentingan dalam hal organisasi, bermasyarakat yang bersifat komersial maupun non-komersial. Dibutuhkannya Fungsi Public Relations dalam membentuk Komunikasi yang tersusun secara baik untuk dalam dan luar organisasi yang berpengaruh besar kepada khalayaknya, dalam hal ini Komunikasi berupa Edukasi Pemenuhan Gizi Anak yang mengalami Gizi Buruk pada kategori Kurus dan Kurus Sekali, juga pada Ibu Hamil kategori Kekurangan Energi Kronis (KEK) Tugas Akhir Peduli Negeri ini bertujuan untuk mempengaruhi khalayak dengan cara mengubah asupan nutrisi yang baik dan cara menjaga kebersihan diri, serta mengurangi data gizi buruk untuk tujuan khalayak luas (dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Subang) Dalam Penelitian ini, Penulis berperan sebagai Perencana Strategi Komunikasi serta implementasi materi Strategi PR dalam bentuk Edukasi kepada Masyarakat dan menjalankan Kampanye PR dengan menggunakan Instagram sebagai Media Penyebaran Informasi. Sebagai Perencana Strategi Komunikasi, seorang PR perlu melakukan Langkah-langkah Perencanaan seperti: menetapkan Target Operasi PR yang nantinya akan menjadi tolak ukur dengan hasil yang diperoleh, Penentuan Waktu dan Tempat Kegiatan dilaksanakan, Memperhitungkan Estimasi Biaya yang dibutuhkan serta Pendukung lainnya seperti Mitra Kerjasama, Menyusun Konsep Program beserta Indikator Keberhasilannya. Kata Kunci : Fungsi Public Relations dalam Kesehatan, Persuasi, Kampanye

Item Type: Thesis (S1)
Call Number: SK/42/19/089
NIM: 44215010058
Uncontrolled Keywords: Fungsi Public Relations dalam Kesehatan, Persuasi, Kampanye
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 324 Political Process/Proses Politik > 324.5 Campaigns for Nominations/Kampanye
600 Technology/Teknologi > 610 Medical, Medicine, and Health Sciences/Ilmu Kedokteran, Ilmu Pengobatan dan Ilmu Kesehatan > 612 Human Physiology/Fisiologi Manusia, Ilmu Faal, Anatomi dan Fisiologi Manusia > 612.3 Nutrition/Nutrisi, Ilmu Gizi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 24 Jan 2020 02:29
Last Modified: 24 Jan 2020 02:29
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/53802

Actions (login required)

View Item View Item