IMPLEMENTASI FREKUENSI PRIBADI PADA DETEKSI KERETAKAN SUDU KIPAS (FAN) MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

ISKANDAR, MIFTAH NOVA (2021) IMPLEMENTASI FREKUENSI PRIBADI PADA DETEKSI KERETAKAN SUDU KIPAS (FAN) MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (583kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (706kB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)

Abstract

Fan (Fan) is a fluid machine designed to flow fluid from one place to another in the gas phase such as air. Fan blades are an important part of fans who have experienced cracks. Small cracks in the fan are difficult to detect if only using the human senses. There are many methods that can be used to detect the fan, one of which is using FEM software. The finite element method itself uses numerical methods to solve boundary value problems characterized by partial differential equations and boundary conditions. Starting from making a fan model, then to the stage of making materials, discretizing the fan into small elements, until finally getting a personal frequency value in each shape mode. This study aims to determine the effect of the fan on the personal frequency value in each mode. In this final project, the test is carried out with 10 variations of train length and 5 shape modes. In shape mode 1,2, and 3 there is no significant change in value, the frequency value is almost the same, so there is no effect on the natural frequency value. This is influenced by the direction of vertical buckling that occurs in the blade area. However, there is a significant effect on the natural frequency mode 4 & 5. While in shape 4 mode, the natural frequency value decreases in a straight line with the modeled crack length, due to the horizontal buckling direction causing the fractured blade area to deflect alternately. The fan blades with 10 cracks do not resonate with the motor excitation because there is no natural frequency variation of the fan blades. which is equal to or nearly the same as the motor excitation frequency. Keywords: Fan, Finite element method, Solidworks software, Personal frequency, Axial Kipas (Fan) adalah mesin fluida yang didesain untuk mengalirkan fluida dari satu tempat ke tempat lain dalam fase gas seperti udara. Sudu kipas merupakan bagian penting kipas yang terkadang mengalami keretakan. Keretakan kecil pada Kipas sulit diketahui jika hanya menggunakan indera manusia. Banyak metode yang bisa digunakan dalam mendeteksi keretakan kipas, salah satunya menggunakan software FEM. Metode elemen hingga sendiri menggunakan metode numerik untuk mengatasi masalah nilai batas yang di karakteristikan dengan persamaan diferensial parsial dan kondisi batas. Dimulai dari pembuatan model kipas, lalu ke tahap penentuan material, diskritisasi kipas menjadi elemen-elemen kecil, sampai akhirnya didapatkan nilai frekuensi pribadi di setiap mode shape. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keretakan kipas terhadap nilai frekuensi pribadi di setiap mode shape. Dalam penelitian tugas akhir ini pengujian dilakukan dengan 10 variasi panjang keretakan dan 5 mode shape. Pada mode shape 1,2, dan 3 tidak adanya perubahan nilai yang signifikan, nilai frekuensinya hampir sama, sehingga tidak ada pengaruh terhadap nilai natural frequency. Hal tersebut dipengaruhi oleh arah tekuk vertikal yang terjadi pada area sudu tersebut. Akan tetapi ada pengaruh yang signifikan pada harga harga natural frekuensi mode 4 & 5. Sedangkan pada mode shape 4 harga natural frequency menurun berbanding lurus dengan panjang keretakan yang di modelkan, disebabkan arah tekuk secara horizontal mengakibatkan pada area sudu yang retak mengalami defleksi secara bergantian.. Sudu kipas dengan 10 variasi keretakan tidak beresonansi dengan eksitasi motor karena besarnya nilai frekuensi alami sudu kipas tidak ada yang bernilai sama atau hampir sama dengan frekuensi eksitasi motor. Kata Kunci: Sudu kipas, Metode elemen hingga, Software solidworks, Frekuensi pribadi, Aksial.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41319110064
Uncontrolled Keywords: Sudu kipas, Metode elemen hingga, Software solidworks, Frekuensi pribadi, Aksial.
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
600 Technology/Teknologi > 680 Manufacture For Specific Uses/Industri Pembuatan produk untuk penggunaan tertentu > 681 Precision Instruments/Produksi Instrumen Presisi
600 Technology/Teknologi > 680 Manufacture For Specific Uses/Industri Pembuatan produk untuk penggunaan tertentu > 681 Precision Instruments/Produksi Instrumen Presisi > 681.2 Testing, Measuring, Sensing Instruments/Produksi Alat-alat untuk Tes, Pengujian dan Sensor
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 03 Jan 2022 03:34
Last Modified: 03 Jan 2022 03:34
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/53410

Actions (login required)

View Item View Item