ANALISIS GAYA PENGEREMAN MOBIL LISTRIK 3 RODA DENGAN BEBAN 1200 NEWTON DI KEMIRINGAN 20° 25° 30° SESUAI REGULASI KMHE

YUNIANTO, EKO (2021) ANALISIS GAYA PENGEREMAN MOBIL LISTRIK 3 RODA DENGAN BEBAN 1200 NEWTON DI KEMIRINGAN 20° 25° 30° SESUAI REGULASI KMHE. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (760kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)

Abstract

The braking system is a system on the vehicle that serves to slow down and stop the vehicle. The braking system on electric cars must be considered, especially when braking on a sloped road that requires greater braking pressure than on a straight or normal road. In this study, I will review the brake system in this 3-wheel electric car, whether the brake system in this electric car works well or not. The benefit of my research this time is to find out whether the brake system contained in the KMHE 3-wheel electric car is able to stop the vehicle at 3 different degrees of inclination. The purpose of this research is to find out how much braking force is, how much pressure is on the brake pedal, and what value of brake canvas pressure is needed for a 3-wheel electric car to be able to stop at a slope of 20°, 25°, and 30° with a total weight of the vehicle and driver of 1200 N. . The method I use in my research this time is reverse engineering, in this case a hydraulic disc brake system already exists but it is not yet known whether a hydraulic disc brake system can function properly on this electric car. The test results obtained, electric cars can stop at 3 different degrees of slope. At a slope of 20° the brake system gets a braking force on an inclined plane of 273 Newton, at a slope of 25° it gets a braking force of 364 Newton, at a slope of 30° with a braking force when on a road slope of 454 Newton. With the brake pedal pressure at a slope of 20° by 128 Pascal, the pressure on the brake pedal at a slope of 25° by 284 Pascal, and the pressure on the brake pedal at a slope of 30° by 314 Pascal. And the brake pad pressure to be able to make the electric car stop, the results are obtained at a slope of 20° by 101.3 Pascal, at a slope of 25° by 128.9 Pascal, at a slope of 30° by 133.5 Pascal. Keywords : Electric car, hydraulic brake system, tilt angle. Sistem pengereman adalah sistem yang ada pada kendaraan yang berfungsi untuk memperlambat dan menghentikan laju kendaraan. Sistem pengereman pada mobil listrik harus sangat diperhatikan, terutama saat melakukan pengereman di kemiringan jalan yang membutuhkan tekanan pengereman yang lebih besar dibandingkan pada jalan yang lurus atau normal. Pada penelitian kali ini saya mereview tentang sistem rem yang terdapat pada mobil listrik 3 roda ini, apakah sistem rem yang terdapat pada mobil listrik ini bekerja dengan baik atau tidak. Manfaat dari penelitian saya kali ini yaitu mengetahui apakah sistem rem yang terdapat pada mobil listrik 3 roda KMHE ini mampu menghentikan kendaraan di 3 kemiringan derajat yang berbeda. Tujuan diadakannya penelitian ini untuk mengetahui berapa gaya pengeremannya, berapa tekanan pada pedal rem, dan berapa nilai tekanan kanvas rem yang dibutuhkan mobil listrik 3 roda untuk dapat berhenti di kemiringan 20°, 25°, dan 30° dengan berat total kendaraan dan pengemudi 1200 N. Metode yang saya gunakan pada penelitian saya kali ini yaitu desain terbalik (reverse engineering), dalam hal ini sistem rem hidrolik dengan cakram sudah ada namun belum diketahui apakah sistem rem hidrolik dengan rem cakram dapat berfungsi dengan baik pada mobil listrik ini. Hasil pengujian yang didapatkan, mobil listrik dapat berhenti di 3 kemiringan derajat berbeda tersebut. Di kemiringan 20o sistem rem memperoleh gaya pengereman pada bidang miring sebesar 273 Newton, di kemiringan 25o mendapat gaya pengereman sebesar 364 Newton, di kemiringan 30o dengan gaya pengereman saat di kemiringan jalan sebesar 454 Newton. Dengan tekanan pedal rem di kemiringan 20o sebesar 128 Pascal, tekanan pada pedal rem di kemiringan 25o sebesar 284 Pascal, dan gaya tekan pedal rem di kemiringan 30o sebesar 314 Pascal. Dan tekanan kanvas rem untuk dapat membuat mobil listrik berhenti, didapatkan hasil di kemiringan 20° sebesar 101,3 Pascal, di kemiringan 25° sebesar 128,9 Pascal, di kemiringan 30° sebesar 133,5 Pascal. Kata Kunci : Mobil listrik, Sistem rem hidrolik, Sudut kemiringan.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 41316110003
Uncontrolled Keywords: Mobil listrik, Sistem rem hidrolik, Sudut kemiringan.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 530 Physics/Fisika
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 530 Physics/Fisika > 537 Electricity/Fisika Listrik
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 530 Physics/Fisika > 537 Electricity/Fisika Listrik > 537.6 Electrodinamics, Electric Current/Elektrodinamik, Arus Listrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 03 Jan 2022 03:23
Last Modified: 03 Jan 2022 03:23
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/53409

Actions (login required)

View Item View Item