ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS PROSES PRODUKSI KABEL TRAY DENGAN METODE DMAIC PADA PT. TRIAS INDRA SAPUTRA

NUGRAHA, BAGAS RESAPUTRA (2020) ANALISA PENGENDALIAN KUALITAS PROSES PRODUKSI KABEL TRAY DENGAN METODE DMAIC PADA PT. TRIAS INDRA SAPUTRA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB V)
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB VI)
7. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (664kB)

Abstract

PT. Trias Indra Saputra is a manufacturing company operating in the Cable Support System that produces Cable Ladder and Cable Tray as the leading products in the market competition. Definition of Quality Control is the system of monitoring, analysis and action taken in the process of manufacture of goods or products, which is one of the most important functions of the company in the effort to maintain and direct the quality of the company's products to be maintained in accordance with product management plans to meet and improve production quality effectively and efficiently, to the satisfaction of the user. In the process of producing Cable Tray, quality control analysis has never been done and it is felt that it needs to be evaluated on an annual basis for ongoing processes. In writing this Final Project, the author wants to know the root causes of product deficiencies and the irregularities that occur in the production process. The solution methods used are the DMAIC method and seven tools, but not all methods are used. The results of the data processing will be processed using the 5W + 1H method to find the dominant cause of the product defect. It is hoped that by understanding the root of the problems, improvements can be made that will enhance the efficiency and productivity of the work and positively impact the company. Keywords: Quality Control, Product Defects, Consumer satisfaction. PT. Trias Indra Saputra adalah sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang Cable Support System yang memproduksi Kabel Ladder dan Kabel Tray sebagai produk unggulan dalam persaingan pasar. Pengertian Pengendalian Kualitas adalah suatu system pengawasan, analisa dan tidakan yang dilakukan terhadap suatu proses pembuatan barang atau produk, dimana hal tersebut merupakan salah satu fungsi terpenting dari suatu perusahaan dalam usaha menjaga dan mengarahkan agar kualitas produk perusahaan dapat dipertahankan sesuai dengan rencana pengendalian produk untuk memenuhi dan meningkatkan kualitas produksisecara efektif dan efisien, sehingga dapat memuaskan konsumen. Dalam proses produksi dari Kabel Tray ini belum pernah dilakukan analisa pengendalian kualitas dan dirasakan perlu untuk dilakukan sebagai evaluasi ditiap tahunnya untuk proses yang sudah berjalan.Dalam penulisan Tugas Akhir ini, penulis ingin mengetahui akar dari permasalahan munculnya cacat produk dan penyimpangan yang terjadi di dalam proses produksi. Metode pemecahan yang digunakan adalah metode DMAIC dan seven tools, namun tidak semua metode tidak dipakai.Hasil dari pengolahan data yang telah dilakukan akan diproses menggunakan metode 5W +1H untuk mencari akar permasalahan yang dominan menyebabkan cacat produk. Diharapkan dengan diketahuinya akar permasalahan yang ada dapat dilakukan perbaikan sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktifitas kerja dan memberikan dampak positif terhadap perusahaan. Kata Kunci : Pengendalian Kualitas, Cacat Produk, Kepuasan Pelanggan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/IND. 20 173
Call Number: ST/16/21/079
NIM/NIDN Creators: 41618110011
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Kualitas, Cacat Produk, Kepuasan Pelanggan.
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 338 Production, Industrial Economics/Produksi, Ekonomi Industri
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.5 Management of Production/Manajemen Produksi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.6 Quality Management/Manajemen Kualitas
600 Technology/Teknologi > 670 Manufacturing/Manufaktur, Pabrik-pabrik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Putra Arsy Anugrah
Date Deposited: 22 Apr 2022 03:46
Last Modified: 19 Jun 2023 01:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/53298

Actions (login required)

View Item View Item