FEBRIANSYAH, RAYHAN (2020) ANALISIS PROBABILITAS PERPINDAHAN MODA DARI SEPEDA MOTOR DAN MOBIL PRIBADI KE TRANSPORTASI UMUM BUS TRANSJAKARTA (Studi Kasus : Koridor 13 Rute Ciledug - Tendean). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1.cover+abstrak+abstract+lembar pengesahan+lembar pernyataan+kata pengantar+daftar isi+daftar gambar+daftar tabel+daftar lampiran.pdf Download (493kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
2.BAB 1 rayhan.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
||
Text (BAB II)
3.Bab 2 rayhan.pdf Restricted to Registered users only Download (800kB) |
||
Text (BAB III)
4.Bab 3 rayhan.pdf Restricted to Registered users only Download (289kB) |
||
Text (BAB IV)
5.Bab 4 rayhan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
6.Bab 5 rayhan.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7.daftar pustaka rayhan.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
8.lampiran rayhan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Ciledug in Tangerang City is one of the satellite areas of Jakarta the capital city, TransJakarta since 2004 has served areas of Jakarta the capital city. One of the important routes is the Ciledug - Tendean Corridor 13, however the level of competition with private vehicles is still quite high. So a study is needed to find out the proportion value of switch probability of private vehicle users to TransJakarta if several choices of travel scenarios are given. This study aims to find out the proportion of the switch probability, by proposing 8 scenarios to 100 respondents who have through the filter. The method used in this research is logistic regression (binary logit) which consists of 3 stages; the first stage is the selection of the most dominant candidate variables; the second stage is the probability analysis which includes a feasibility test and scenario test; the third stage is sensitivity analysis. The independent variables used in the scenario test are TransJakarta rates, travel time and headway. For data processing, the SPSS 23 program is used. The results of this study shows that the best scenario to be applied is scenario 8, which is 96,86% of car respondents and 70,45% of motorbike respondents who are willing to switch to use Trans Jakarta. From the results of the sensitivity analysis, it is known that the most sensitive variable which influencing the respondent decision to switch from their private vehicles to TransJakarta is the TransJakarta tarif, which will cause the switch probability of car users decrease by 39,63% and motorbike users decrease by 49,17% if the TransJakarta fare increases by 2 times. The majority of respondents who are willing to switch to TransJakarta buses for car users are women aged 17-25 years, with income ranging from Rp. 2,000,000 - Rp. 4,000,000, - while for motorbike users the majority are men aged 17-25 years with income less than Rp. 1,000,000, -. Keywords: Binary Logit, Switch probability, Mode Choice, Scenario Test Ciledug di Kota Tangerang adalah salah satu area satelit Ibu Kota Jakarta, TransJakarta sejak tahun 2004 telah melayani beberapa wilayah Ibu Kota Jakarta. Salah satu rute pentingnya adalah rute Ciledug – Tendean Koridor 13, namun tingkat kompetisi dengan kendaraan pribadi masih cukup tinggi. Sehingga diperlukan sebuah penelitian untuk mengetahui nilai proporsi probabilitas perpindahan pengguna kendaraan pribadi ke TransJakarta jika diberikan beberapa pilihan skenario perjalanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proporsi probabilitas perpindahan tersebut, dengan mengajukan 8 skenario kepada 100 responden yang telah melalui penyaringan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi logistic (logit biner) yang terdiri dari 3 tahap; tahap pertama yaitu seleksi kandidat variabel yang paling dominan; tahap ke dua adalah analisa probabilitas yang di dalamnya mencakup uji kelayakan dan uji skenario; tahap ke tiga adalah analisa sensitivitas. Variabel independen yang digunakan pada uji skenario adalah tarif TransJakarta, waktu tempuh dan headway. Untuk pengolahan data digunakan program SPSS 23. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa skenario terbaik untuk diterapkan adalah skenario 8 yaitu sebanyak 96,86% responden mobil dan sebanyak 70,45% responden motor yang bersedia beralih menggunakan TransJakarta. Dari hasil analisa sensitivitas, diketahui bahwa variabel yang paling sensitif terhadap keputusan responden untuk berpindah alih dari kendaraan pribadi mereka ke TransJakarta adalah tarif TransJakarta, yang akan mengakibatkan probabilitas perpindahan pengguna mobil menurun sebanyak 39,63% dan pengguna motor menurun sebanyak 49,17% jika harga tarif TransJakarta naik sebesar 2 kali lipat. Responden yang bersedia beralih ke bus TransJakarta untuk pengguna mobil mayoritas adalah perempuan berusia 17 – 25 tahun, dengan penghasilan Rp 2.000.000 - Rp 4.000.000,- sedangkan untuk pengguna motor mayoritas adalah laki – laki berusia 17 – 25 tahun dengan penghasilan < Rp 1.000.000,- . Kata kunci: Logit Biner, Probabilitas Perpindahan, Moda Choice, Uji Skenario,
Actions (login required)
View Item |