PENGARUH PENUTUPAN PINTU PERLINTASAN JALAN REL TERHADAP KINERJA LALU LINTAS JALAN RAYA (STUDI KASUS: JL. MAULANA HASANUDIN TANGERANG)

BR. BANGUN, ELPRINA (2020) PENGARUH PENUTUPAN PINTU PERLINTASAN JALAN REL TERHADAP KINERJA LALU LINTAS JALAN RAYA (STUDI KASUS: JL. MAULANA HASANUDIN TANGERANG). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

The road section is located on Jalan Maulana Hasanduin, Tangerang City, this road section is the main access to Poris Station so that during rush hour congestion occurs. Congestion occurs apart from heavy traffic flow, side obstacle activity is also high such as pedestrians, online motorcycle taxi vehicles, public transportation, and on these roads a level crossing occurs between the highway and the train, thus affecting the performance of the road section. This study aims to determine the performance of roads, the effect of closing latches and solutions to the problems that occur. The data required in the process of analyzing the performance of the road is primary data, namely geometric road data, traffic survey data during peak hours, actual speed data, and data on the duration of railway latch closure. As well as secondary data in the form of a map of the location, population, and schedule of trains that pass. And using urban road section analysis procedures that refer to MKJI 1997 and Queue Analysis. From the results of the data calculations that have been carried out, the results of the performance of the roads on Friday, July 03 2020, the highest traffic volume with DS> 0.75 in the morning and evening with LOS D, on Sunday, July 5, 2020 during rush hour produces LOS B, on Monday, July 06, 2020 produces LOS C in the morning and evening. The longest queue occurred on Friday afternoon with r = 261 seconds, the queue length Qm = 254.63 meters, the maximum delay Tm = 234.90 seconds, and on Friday morning r = 143 seconds, the queue length Qm = 132.45 meters, and maximum delay Tm = 128.70 seconds. In order to avoid long queues after closing the maximum latch closing time of only 82 seconds, two alternative solutions are used, namely by reducing side obstacles and prohibiting heavy vehicles from crossing during peak hours. For alternatives with normal conditions, it is advisable to build a flyover on Jalan Maulana Hasanudin Tangerang Keywords: Road Performance, Level Crossings, Degree of Saturation, Service Level, Queue, MKJI 1997 Ruas jalan berada di Jalan Maulana Hasanduin Kota Tangerang, ruas jalan ini merupakan akses utama menuju Stasiun Poris sehingga pada jam sibuk terjadi kemacetan. Kemacetan terjadi selain karena arus lalu lintas yang padat, aktivitas hambatan samping juga tinggi seperti pejalan kaki, kendaraan ojek online, angkutan umum, serta pada ruas jalan ini terjadi perlintasan sebidang antara jalan raya dengan kereta api, sehingga mempengaruhi kinerja ruas jalan. Studi ini bertujuan untuk mengetahui kinerja ruas jalan, pengaruh penutupan palang pintu dan solusi pengatasan masalah yang terjadi. Data yang diperlukan dalam proses analisa kinerja ruas jalan adalah data primer yaitu berupa data geometrik jalan, data hasil survei lalu lintas pada jam-jam sibuk, data kecepatan aktual, dan data lama penutupan palang pintu kereta api yang terjadi. Serta data sekunder berupa peta lokasi, jumlah penduduk, dan jadwal kereta api yang melintas. Dan menggunakan prosedur analisis ruas jalan perkotaan yang mengacu pada MKJI 1997 dan Analisis Antrian. Dari hasil perhitungan data yang telah dilakukan, maka di dapat hasil kinerja ruas jalan pada hari Jumat, 03 Juli 2020 volume lalu lintas tertinggi dengan DS>0,75 di pagi dan sore hari dengan LOS D, pada hari Minggu 05 Juli 2020 pada jam sibuk menghasilkan LOS B, pada hari Senin, 06 Juli 2020 menghasilkan LOS C pagi dan sore hari. Antrian terpanjang terjadi pada hari jumat sore dengan r=261 detik, panjang antrain Qm= 254,63 meter, tundaan maksimum Tm= 234,90 detik, dan pada jumat pagi r=143 detik, panjang antrian Qm=132,45 meter, dan tundaan maksimum Tm= 128,70 detik. Agar tidak terjadi antrian yang panjang setelah penutupan maksimal waktu penutupan palang pintu hanya 82 detik, Solusi alternatif yang digunakan ada dua yaitu dengan mengurangi hambatan samping dan larangan kendaraan berat melintas saat memasuki jam sibuk. Untuk alternatif dengan kondisi normal disarankan membangun Flyover pada ruas Jalan Maulana Hasanudin Tangerang Kata Kunci: Kinerja Ruas Jalan, Perlintasan Sebidang, Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayanan, Antrian, MKJI 1997

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 20 084
Call Number: ST/11/21/031
NIM/NIDN Creators: 41118120052
Uncontrolled Keywords: Kinerja Ruas Jalan, Perlintasan Sebidang, Derajat Kejenuhan, Tingkat Pelayanan, Antrian, MKJI 1997
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.9 Environmental Psychology/Psikologi Lingkungan > 155.93 Influence of Specific Situations/Pengaruh Situasi Tertentu
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.8 Artificial Road Surfaces/Teknik Permukaan Jalan Raya Buatan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 720 Architecture/Arsitektur > 725 Public Structures Architecture/Arsitektur Struktur Umum > 725.3 Transportation and Storage Buildings/Arsitektur Gedung Sarana Pengangkutan dan Penyimpanan > 725.31 Railroad and Rapid Stations/Jalan Kereta api dan Stasiun
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Rifky
Date Deposited: 10 May 2022 07:02
Last Modified: 15 Feb 2023 01:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/52973

Actions (login required)

View Item View Item