STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SOSIAL DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN (Studi Kasus di Perpustakaan IPMI Business School Jakarta)

SAPUTRA, RICKY RINALDI (2019) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SOSIAL DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN (Studi Kasus di Perpustakaan IPMI Business School Jakarta). S2-Magister thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
1. COVER.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. PERNYATAAN.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text (BAB II)
10. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)
[img] Text (BAB III)
11. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text (BAB IV)
12. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (923kB)
[img] Text (BAB V)
13. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah akses dan penelusuran informasi banyak menggunakan smartphone, iphone dan ipad sehingga menyebabkan perubahan perilaku, kebutuhan informasi dan layanan dalam memenuhi pengguna generasi Z. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran sosial Perpustakaan IPMI Business School dalam menciptakan awareness dan meningkatkan jumlah pengunjung perpustakaan. Penelitian ini menggunakan teori Kotler yaitu integrated marketing communication. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Promosi yang dilakukan dengan kegiatan periklanan, pemasaran langsung, promosi penjualan, publisitas dan penjualan individu. Hasil penelitian diketahui bahwa perpustakaan melakukan kegiatan promosi yang diadopsi dari pemasaran komersial dan menggabungkan 2 tipe strategi yaitu pull strategy dilakukan dengan menggunakan media periklanan melalui tv kampus, email, brosur, instagram, pow toon aplication, menyediakan online publikasi katalog untuk mengakses koleksi dan push strategy bentuk kegiatan yang dilakukan yaitu kepala perpustakaan mensosialisasikan pesan-pesan ajakan kepada mahasiswa dan mahasiswi baru agar mengunjungi perpustakaan, melatih pengguna perpustakaan untuk mencari sumber koleksi secara efektif. Kendala perpustakaan IPMI Business School dalam meningkatkan jumlah pengunjung antara lain tidak memiliki staff khusus untuk mengelola digital marketing, minimnya dana operasional untuk anggaran promosi, belum adanya software repository untuk mempublikasikan koleksi digital, belum adanya akun sosial media lain. Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran Sosial, Integrated Marketing Communication, Perpustakaan.

Item Type: Thesis (S2-Magister)
NIM: 55217110040
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran Sosial, Integrated Marketing Communication, Perpustakaan.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Maulana Arif Hidayat
Date Deposited: 10 Mar 2020 02:26
Last Modified: 10 Mar 2020 02:26
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/52653

Actions (login required)

View Item View Item