RAMADANA, FAJAR (2020) DESAIN JIG DAN FIXTURE INTEGRATED DRIVEN GENERATOR PADA ENGINE CFM 56-5B. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1 HALAMAN SAMPUL.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
5 ABSTRAK.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3 HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
2 HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
4 PENGHARGAAN.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6 DAFTAR ISI.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
7 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (596kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
8 BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (73kB) |
||
Text (BAB II)
9 BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text (BAB III)
10 BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
||
Text (BAB IV)
11 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
||
Text (BAB V)
12 BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
14 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
IDG (Integrated Driven Generator) adalah sebuah komponen yang berguna untuk memproduksi kelistrikan pada pesawat A320. Listrik tersebut dihasilkan dari putaran engine yang dihubungkan ke accessory gearbox untuk memutar rotor yang terdapat pada IDG. Jenis listrik yang dihasilkan oleh IDG yaitu berupa 115 AC 400 Hz. IDG dilepas dari engine setiap 24 bulan atau 2400 FH (flight hours) untuk dilakukan perawatan berkala. Dalam proses pelepasan IDG yang memiliki massa sebesar 56 kg menghabiskan waktu dan manpower yang melebihi dari MPD (Maintenance Planning Document) dikarenakan tidak tersedianya tool atau alat bantu. Resiko kerusakan komponen dan kecelakaan kerja sangat tinggi dikarenakan letak IDG berada di bawah engine dengan ground clearance sebesar 0,67 m. Dengan permasalahan tersebut maka pembuatan desain alat bantu untuk pemasangan dan pelepasan IDG pada engine CFM 56-5B dibuat. Metode yang digunakan yaitu phragmatic desain dengan membuat beberapa konsep kemudian dilakukan pembuatan komponen 3D, assembly dan simulasi sehingga didapatkan desain yang berfungsi dengan baik dalam segi penggunaan maupun ketahanan menerima beban. Hasil dari pembuatan desain yaitu berupa jig dan fixture. Dengan menggunakan aplikasi desain SOLIDWORKS 2019 didapatkan hasil simulasi kekuatan desain mampu menahan beban sebesar 560N dengan von mises stress pada wheel caster sebesar 72,25 N/mm2 atau 72,25 MPa sehingga hasil von mises stress tersebut tidak melebihi dari yield strength material yang diterapkan pada wheel caster yaitu ST37 sebesar 235 N/mm2 atau 235 MPa.
Actions (login required)
View Item |