MENINGKATKAN EMPATI DAN MENURUNKAN STIGMA IBU YANG MEMILIKI ANAK PENYANDANG DISABILITAS MELALUI MENULIS EKSPRESIF

GIOVANNI, M. ELYSA NASRI (2021) MENINGKATKAN EMPATI DAN MENURUNKAN STIGMA IBU YANG MEMILIKI ANAK PENYANDANG DISABILITAS MELALUI MENULIS EKSPRESIF. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB)

Abstract

This study aims to see whether expressive writing can increase empathy and reduce the stigma of mothers who have children with disabilities and to see whether there is a difference between the experimental group who does expressive writing activities compared to the control group who does non-expressive writing activities. The number of participants in this study was 50 people, consisting of 27 people in the experimental group and 23 people in the control group. The research was conducted with a quantitative method with an experimental design carried out for 4 consecutive days with a duration of 15 minutes. The empathy variable measured using the Interpersonal Reactivity Index and the stigma variable measured using the Day's Mental Illness Stigma Scale. Before the study began, all participants filled out a questionnaire as baseline data. The questionnaire was filled out after the completion of the research and a week after the research was completed to see the expressive writing that had been done. The results obtained in this study are that expressive writing have a significant effect in decreasing stigma of mothers who have children with disabilities. Keywords : Empathy, Stigma, Interpersonal Reactivity Index, Day’s Mental Illness Stigma Scale, Disability, Expressive Writing Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah menulis ekspresif dapat meningkatkan empati dan menurunkan stigma Ibu yang memiliki anak penyandang disabilitas dan untuk melihat apakah terdapat perbedaan antara kelompok eksperimen yang melakukan aktivitas menulis ekspresif dibanding kelompok kontrol yang melakukan aktivitas menulis nonekspresif. Jumlah partisipan dalam penelitian ini adalah 50 orang, yang terdiri dari 27 orang pada kelompok eksperimen dan 23 orang pada kelompok kontrol. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dengan desain eksperimen yang dilakukan selama 4 hari berturut-turut dengan durasi 15 menit. Variabel empati diukur menggunakan Interpersonal Reactivity Index dan variable stigma diukur menggunakan Day’s Mental Illness Stigma Scale. Sebelum penelitian dimulai, seluruh partisipan diminta mengisi kuesioner sebagai data baseline. Kuesioner kembali diisi setelah selesai penelitian dan seminggu setelah penelitian selesai untuk melihat efek menulis ekspresif yang telah dilakukan. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah menulis ekspresif tidak berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan empati dan penurunan stigma Ibu yang memiliki anak penyandang disabilitas. Kata Kunci : Empati, Stigma, Interpersonal Reactivity Index, Day’s Mental Illness Stigma Scale, Disabilitas, Menulis Ekspresif

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 46117110108
Uncontrolled Keywords: Empati, Stigma, Interpersonal Reactivity Index, Day’s Mental Illness Stigma Scale, Disabilitas, Menulis Ekspresif
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 152 Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives/Psikologi Fisiologis > 152.5 Psychological urges/Dorongan psikologis
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.2 Individual Psychology, Characters/Psikologi Individual, Karakter
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.4 Child Psychology/Psikologi Anak
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 15 Dec 2021 06:45
Last Modified: 15 Dec 2021 06:45
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/52233

Actions (login required)

View Item View Item