ANALISIS GETARAN MESIN DENGAN MEMBANDINGKAN 3 JENIS ENGINE MOUNTING PADA MESIN GASOLINE ENGINE 1300CC

DIANO NUR ILHAM, HAMENGKU SANSAN (2020) ANALISIS GETARAN MESIN DENGAN MEMBANDINGKAN 3 JENIS ENGINE MOUNTING PADA MESIN GASOLINE ENGINE 1300CC. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2) ABSTRAK.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3) LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4) LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5) KATA PENGANTAR.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6) DAFTAR ISI.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7) DAFTAR TABEL.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8) DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (59kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
9) BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text (BAB II)
10) BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (BAB III)
11) BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text (BAB IV)
12) BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text (BAB V)
13) BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
14) DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)

Abstract

The vibration in the vehicle comes from the engine. This is because the engine has moving components that give the effect of vibration to the vehicle. Therefore we need a good damping system to overcome the vibrations caused so that passengers in the cabin of the vehicle do not experience the effects of vibrations that cause reduced comfort, one way to avoid this can be done using mounting. The problem in determining a good mounting is how to determine the damping ratio needed to determine the damping. In this study, variations in rotation of 1000, 1500, and 2000 Rpm. This rotation variation is carried out to determine the amount of damping needed in engine mounting. The greater the rotation at points A and C the greater the personal frequency obtained, this is due to the oscillation force on the rotating piston which causes greater vibrations at points A and C the greater, so that mounting damping is not enough to reduce the amount of frequency produced. Whereas at point B the more round rotation will result in a decreased fermentation, this is caused at point B, mounting attenuation can still work optimally. Personal frequency and damping ratio at point A has the highest personal frequency and damping ratio, but the damping ratio is still below 1, so it can still reduce the oscillation that comes from the engine speed. The spring constant at point C has the highest value because it is at point C when it is unbalanced. Damping or damping at point B is able to dampen the magnitude of the frequency produced at the engine compared to at points A and C. The resulting damping coefficient is greatly affected by rotation on the engine except at point B which is caused by a personal frequency that is well damped by the engine mounting. Keywords: 1300cc Gasoline Engine, Engine Vibration, Engine Mounting Getaran pada kendaraan berasal dari mesin. Hal ini dikarenakan pada mesin memiliki komponen bergerak sehingga memberi efek getaran pada kendaraan. Oleh sebab itu di perlukan sistem redaman yang baik untuk mengatasi getaran yang di timbulkan sehingga untuk penumpang didalam kabin kendaraan tersebut tidak mengalami efek dari getaran yang menyebabkan kenyamanan berkurang, salah satu cara untuk menghindari hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan mounting. Permasalahan dalam menentukan mounting yang baik adalah bagaimana menentukan ratio redaman yang di butuhkan dalam menentukan redaman. Pada penelitian ini dilakukan variasi putaran sebesar 1000, 1500, dan 2000 Rpm. Variasi putaran ini dilakukan untuk mengetahui besarnya redaman yang diperlukan pada engine mounting. Semakin besar putaran pada titik A dan C diperoleh frekuensi pribadi yang semakin besar, hal ini disebabkan gaya osiloasi pada piston yang berputar semakin besar yang menyebakan getaran pada titik A dan C semakin besar, sehingga redaman mounting tidak cukup meredam besarnya frekuensi yang dihasilkan. Sedangkan pada titik B semakin basar putaran akan mengasilkan ferkeunsi yang menurun hal ini disebakan pada titik B, redaman mounting masih dapat bekerja secara maksimal. Frekuensi pribadi dan Rasio redaman pada titik A memiliki frekuensi pribadi dan rasio redam terbesar, akan rasio redaman tetapi masih berada dibawah 1, sehingga masih dapat meredam osilasi yang berasal dari putaran engine tersebut. Konstanta pegas pada titik C memiliki nilai tertinggi hal ini disebabkan pada titik C berada masa unbalance. Damping atau redaman pada titik B mampu meredam dengan baik besarnya frekuensi yang dihasilkan pada engine dibandingkan pada titik A dan C. Koefisien damping yang dihasilkan sangat dipengaruh oleh putaran pada engine kecuali pada titik B yang disebakan oleh frekuensi pribadi yang teredam dengan baik oleh mounting engine. Kata kunci : Mesin Gasoline 1300cc, Getaran Mesin, Engine Mounting

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/MSN. 20 093
Call Number: ST/13/21/031
NIM/NIDN Creators: 41315110031
Uncontrolled Keywords: Mesin Gasoline 1300cc, Getaran Mesin, Engine Mounting
Subjects: 100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 154 Subconscious and Altered States and Process/Psikologi Bawah Sadar > 154.6 Sleep Phenomena/Fenomena Tidur > 154.63 Dreams/Mimpi > 154.634 Analysis/Analisis
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.8 Machine Engineering, Machinery/Teknik Mesin
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 653 Shorthand/Penulisan Cepat, Penulisan dengan Tangan > 653.3 Machine Systems/Sistem Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Rifky
Date Deposited: 06 Sep 2022 07:53
Last Modified: 06 Sep 2022 07:53
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/52187

Actions (login required)

View Item View Item