APLIKASI PEMENUHAN PESANAN PEMBUATAN SPARE PART STUDI KASUS PADA PT MUSTANINDO PRIMA LESTARI

BUDIYONO, WAHYU (2019) APLIKASI PEMENUHAN PESANAN PEMBUATAN SPARE PART STUDI KASUS PADA PT MUSTANINDO PRIMA LESTARI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (JURNAL MAHASISWA)
JURNAL APLIKASI PEMENUHAN PEMESANAN PRODI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Abstract -- Each company has an order fulfillment process to ensure goods are delivered to customers well. The process generally includes receipt of purchase orders from customers, from producing the goods until the delivery of finished goods. A good order fulfillment process can increase product demand from customers. At PT Mustanindo Prima Lestari, the fulfillment process has not been going well, where the inter-parts involved in the production process have not been well coordinated. As a result of this, the resulting information becomes inaccurate, hindering the order fulfillment process to the customer. To overcome these problems, the authors want to build an order fulfillment application that can coordinate the interdepartment within the company so that the information provided to be accurate related to customer orders. This application will be built using the Rapid Application Development (RAD) method that combines the design with simultaneous development. With this application, the progress of each incoming command can be well controlled and the interconnection involved can be integrated. This allows order fulfillment process that occurs on PT Mustanindo Prima Lestari to run well and communications that occur inter-parts become effective. Keywords: Order fulfillment, Rapid Aplication Development (RAD), Application. Abstrak -- Setiap perusahaan mempunyai proses pemenuhan pesanan untuk memastikan barang yang diproduksi sampai kepada pelanggan dengan baik. Proses tersebut pada umumnya meliputi penerimaan purchase order dari pelanggan, memproduksi barang sampai dengan pengiriman barang jadi. Proses pemenuhan pesanan yang baik dapat meningkatkan permintaan produk dari pelanggan. Pada PT Mustanindo Prima Lestari proses pemenuhan yang terjadi belum berjalan dengan baik, dimana antarbagian yang terlibat proses produksi belum berkordinasi dengan baik. Akibat dari hal tersebut, informasi yang dihasilkan menjadi tidak akurat sehingga menghambat proses pemenuhan pesanan kepada pelanggan. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis ingin membangun aplikasi pemenuhan pesanan yang dapat mengkordinasikan antarbagian dalam perusahaan tersebut agar informasi yang diberikan menjadi akurat terkait pesanan pelanggan. Aplikasi ini akan dibangun menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) yang menggabungkan antara design dengan pengembangan secara bersamaan. Dengan adanya aplikasi ini, progres setiap pesanan yang masuk dapat terkontrol dengan baik serta antarbagian yang terlibat dapat saling terintegrasi. Hal ini bertujuan agar proses pemenuhan pesanan yang terjadi pada PT Mustanindo Prima Lestari dapat berjalan dengan baik dan komunikasi yang terjadi antarbagian menjadi efektif. Kata Kunci: Pemenuhan pesanan, Rapid Aplication Development (RAD), Aplikasi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/SI. 19 063
NIM: 41813310051
Uncontrolled Keywords: Pemenuhan pesanan, Rapid Aplication Development (RAD), Aplikasi.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor > 651.8 Computer Application for Office Management/Aplikasi Komputer untuk Manajemen Perkantoran
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data]
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.05 Data Processing Computer Applications/Pengolahan Data Aplikasi Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 21 Nov 2019 02:21
Last Modified: 08 Jan 2020 02:50
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/52139

Actions (login required)

View Item View Item