PENGENDALIAN KUALITAS SEBAGAI UPAYA PENGURANGAN KECACATAN PENGIRIMAN PRODUK (Studi Kasus Pada Warehouse Marketplace Ecommerce PT. X)

YUNINGTYAS, RIZKI (2020) PENGENDALIAN KUALITAS SEBAGAI UPAYA PENGURANGAN KECACATAN PENGIRIMAN PRODUK (Studi Kasus Pada Warehouse Marketplace Ecommerce PT. X). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf

Download (713kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text (BAB II)
3. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)
[img] Text (BAB III)
4. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text (BAB IV)
5. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text (BAB V)
6. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)

Abstract

PT X is a branch office engaged in the distributor of FMCG (Fast Moving Consumer Goods) products. In selling its products, the company forms Marketplace Ecommerce Warehouse which sells products through an online platform. This aims to break the distribution chain so that distributors can reach directly to consumers (Business to Consumer) and adjust to the trend of public buying products in online commerce. In the course of sales on the online platform, there are obstacles faced existence of shipping defects. This study was conducted to analyze delivery defects that occur with the six sigma approach and kaizen analysis. Six sigma which uses the DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) stage is used to calculate the sigma value and find out what factors cause shipping defects, as well as kaizen analysis to provide recommendations for improvements so as to reduce shipping defects made. After analyzing the cause of the defect in the delivery of goods due to the lack of accuracy of the workers in carrying out the checks, and the improvements made are by adding a check point. The results obtained by making improvements have increased in quality where in 2020 it has a DPMO value of 275 and a sigma value of 4.96 compared to 2019 which has a DPMO value of 398 with a sigma value of 4.85. Keywords: Six Sigma, DMAIC, Kaizen PT X merupakan kantor cabang yang bergerak dalam distributor produk FMCG (Fast Moving Consumer Goods). Dalam penjualannya produknya, perusahan membentuk Warehouse Marketplace Ecommerce yang melakukan penjualan produk melalui platform online. Hal ini bertujuan untuk memutus rantai distribusi sehingga dari distributor bisa menjangkau langsung ke konsumen (Business to Consumer) dan menyesuaikan dengan trend belanja masyarakat seiring berkembangnya teknologi. Dalam berjalannya penjualan di platform online terdapat kendala yang dihadapi yaitu adanya cacat pengiriman. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis cacat pengiriman yang terjadi dengan pendekatan six sigma dan analisis kaizen. Six sigma yang menggunakan tahapan DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) digunakan untuk menghitung nilai sigma dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya cacat pengiriman, serta analisis kaizen untuk memberikan rekomendasi perbaikan sehingga dapat mengurangi cacat pengiriman yang dilakukan. Setelah dilakukan analisis penyebab terjadinya kesalahan pengiriman barang dikarenakan kurangnya ketelitian pekerja dalam melakukan pengecekan, dan perbaikan yang dilakukan adalah dengan menambah titik pengecekan. Hasil yang didapatkan dengan melakukan perbaikan terjadi peningkatan kualitas dimana pada tahun 2020 mempunyai nilai DPMO 275 dan nilai sigma 4,96 dibandingkan pada tahun 2019 yang mempunyai nilai DPMO 398 dengan nilai sigma 4,85. Kata kunci : Six Sigma, DMAIC, Kaizen

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/MJ. 20 436
Call Number: SE/31/21/158
NIM/NIDN Creators: 43116110249
Uncontrolled Keywords: Six Sigma, DMAIC, Kaizen
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 330 Economics/Ilmu Ekonomi > 338 Production, Industrial Economics/Produksi, Ekonomi Industri
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.04 Management of Enterprises of Specific Forms/Pengelolaan Usaha dengan Bentuk Tertentu > 658.045 Corporations/Perusahaan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.6 Quality Management/Manajemen Kualitas
600 Technology/Teknologi > 660 Chemical Engineering and Related Technologies/Teknologi Kimia dan Ilmu yang Berkaitan > 668 Technology of Other Organic Products/Teknologi Produk Organik Lainnya > 668.4 Plastics/Teknologi Plastik
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Putra Arsy Anugrah
Date Deposited: 18 Jul 2022 02:33
Last Modified: 18 Jul 2022 02:33
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/51742

Actions (login required)

View Item View Item