STRATEGI KAMPANYE POLITIK DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH SERENTAK (Studi Kasus: Tim Kampanye Pasangan Ridwan Kamil dan UU Ruzhanul Ulum dalam Pilkada Jawa Barat 2018)

LOLITA, THERESIA VALIETHA VIVRIE (2020) STRATEGI KAMPANYE POLITIK DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH SERENTAK (Studi Kasus: Tim Kampanye Pasangan Ridwan Kamil dan UU Ruzhanul Ulum dalam Pilkada Jawa Barat 2018). S2-Magister thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 HALAMAN JUDUL.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03 SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (609kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04 LEMBAR PENGESAHAN.pdf).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05 KATA PENGANTAR.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06 DAFTAR ISI.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
07 DAFTAR TABEL.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
08 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
09 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10 BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (BAB II)
11 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text (BAB III)
12 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text (BAB IV)
13 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
14 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Strategy is the design of ideas in achieving a certain hope in a certain period of time. Political campaign is a process of political communication carried out by political candidates in getting support and a good image from the public. The strategy of a political campaign winning team that uses a political advertising strategy in the mass media as a propaganda tool in shaping public opinion in the community to gain support in achieving the political election campaign victory for the governor. This research method uses a case study with semi-structured interview data collection techniques and observation using the validity test of data triangulation and theory triangulation. The subjects of the study were Ridwan Kamil and Uu Ruzhanul Ulum (RINDU) campaign team. The results of this study indicate that the political campaign strategy used by the RINDU campaign team uses door to door (canvassing / ‘blusukan’) strategy for 'Belanja Masalah', conventional media campaigns and social media, recruiting public figures as campaigners and volunteers, interactive car innovation 'Avatars', and fun activity in open spaces in West Java can be said to be very effective strategy in maintaining electability. With this strategy the regional head candidate Uu Ruzhanul Ulum can get support and produce a victory in the West Java Pilkada in 2018. Keywords: strategy, political campaigns, the elections of West Java, Ridwan Kamil Strategi merupakan rancangan gagasan dalam mencapai suatu harapan dalam kurun waktu tertentu. Kampanye politik merupakan proses komunikasi politik yang dilakukan oleh para calon kandidat politik dalam mendapatkan dukungan dan citra yang baik dari masyarakat. Dalam jurnal penelitian ini mengangkat strategi tim pemenangan kampanye politik yang menggunakan strategi iklan politik di media massa sebagai alat propaganda dalam membentuk opini publik di masyarakat untuk mendapatkan dukungan dalam mencapai kemenangan kampanye politik pemilihan kepala daerah atau Gubernur. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus dengan teknik pengumpulan data wawancara semi terstruktur dan observasi dengan menggunakan uji validitas triangulasi data dan triangulasi teori. Subjek pada penelitian yaitu tim pemenangan kampanye Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum (RINDU). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi kampanye politik yang digunakan oleh tim pemenangan RINDU yang menggunakan strategi iklan politik di media massa sebagai alat propaganda dalam membentuk opini publik masyarakat di Jawa Barat dapat dikatakan sangat efektif. Karena dengan strategi tersebut calon kandidat kepala daerah Uu Ruzhanul Ulum dapat memperoleh dukungan dan menghasilkan kemenangan pada Pilkada Jawa Barat di tahun 2018. Kata Kunci: strategi, kampanye politik, pilkada jawa barat, ridwan kamil

Item Type: Thesis (S2-Magister)
Call Number: TK/52/19/043
NIM: 55216110096
Uncontrolled Keywords: strategi, kampanye politik, pilkada jawa barat, ridwan kamil
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 320.1-320.9 Standard Subdivisions of Political dan Government Science/Subdivisi Standar Dari Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 320.5 Political Ideologies/Ideologi Politik
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 324 Political Process/Proses Politik
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 324 Political Process/Proses Politik > 324.2 Political Parties/Partai Politik, Parpol
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 324 Political Process/Proses Politik > 324.5 Campaigns for Nominations/Kampanye
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 324 Political Process/Proses Politik > 324.9 Political Campaigns/Kampanye Politik
Divisions: Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 29 Sep 2020 08:45
Last Modified: 29 Sep 2020 08:45
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/51422

Actions (login required)

View Item View Item