PEMBUATAN DAN PENDAMPINGAN STRATEGI PROMOSI UMKM “CUMI CRISPY” DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE

FEBRIANA, MARGARETHA EKA (2019) PEMBUATAN DAN PENDAMPINGAN STRATEGI PROMOSI UMKM “CUMI CRISPY” DALAM MEMBANGUN BRAND IMAGE. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB II)
11. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text (BAB III)
12. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (669kB)
[img] Text (BAB IV)
13. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text (BAB V)
14. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB VI)
15. Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (DAFTA PUSTAKA)
16. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
17. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) merupakan salah satu bagian dari perkonomian Indonesia. Masalah yang sering dihadapi oleh banyak UMKM adalah minimnya pengetahuan dan kompetensi kewirausahaan mengakibatkan rendahnya produktivitas usaha dan tenaga kerja. Hal tersebut juga tampak pada ketidakmampuan mereka dalam hal manajemen usaha, terutama dalam hal tata tertib pencatatan/pembukuan, juga dalam hal merancang strategi pemasaran. UMKM yang menjadi pilihan objek untuk memenuhi Tugas Akhir Peduli Negeri ini adalah Cumi Crispy, yang beralamat di jalan H. Saaba, Meruya Selatan. Usaha yang berada di jalan H. Saaba. Cumi Crispy ini berawal dari inisiatif pemiliknya untuk membuka usaha makanan ringan tetapi melihat pasar yang ada sudah terlalu banyak yang berjualan tahu krispi, jamur krispi, dan lain-lain. Berdasarkan hasil dari wawancara terdapat permasalahan yang dijelaskan pemilik, yaitu penjualan yang rendah, masih belum dikenal masyarakat sekitar, belum pernah mengadakan promosi, kemasan yang masih menggunakan Styrofoam, dan plagiat pada logo dan merek, terdapat impact atau akibat pada produk dari permasalahan tersebut menjadi minim pendapatan keuntungan dan tidak terbentuk brand image. Penulis menentukan empat strategi promosi penjualan untuk usaha Cumi Crispy, yaitu Promo Buy 3 Get 1, Promo Buy 2 Get 1 Edisi Valentine, Promo jajan minimal Rp 20.000 untuk mendapatkan gratis kalender, Promo mengumpulkan 3 sticker pada kupon yang akan mendapatkan gratis tas. Hasil dari kegiatan strategi promosi penjualan yang sudah ditentukan, penjualan meningkat karena adanya kegiatan tersebut. Dari hasil analisis kegiatan yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan, UMKM juga perlu untuk menentukan strategi promosi penjualan dan melakukan penyegaran yang dapat dilakukan pada produk maupun atribut penjualannya. Selain itu UMKM sebaiknya harus memikirkan dan memiliki brand image (citra merek) sehingga mudah dikenal dan diingat oleh masyarakat. Kata Kunci : UMKM, Brand Image, Meningkatkan Penjualan, Strategi Promosi

Item Type: Thesis (S1)
NIM: 44315010016
Uncontrolled Keywords: UMKM, Brand Image, Meningkatkan Penjualan, Strategi Promosi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.65 Computer Communications Networks/Jaringan Komunikasi Komputer
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 384 Communications Telemunications/Komunikasi Telekomunikasi > 384.3 Computer Communication/Komunikasi Komputer
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Digital
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 23 Oct 2019 07:49
Last Modified: 23 Oct 2019 07:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/50088

Actions (login required)

View Item View Item