ANALISIS AKSES DAN KARAKTERISTIK PARKIR KENDARAAN PADA AREA PARKIR PURI INDAH MALL - JAKARTA BARAT

MULIANA, RICKY (2020) ANALISIS AKSES DAN KARAKTERISTIK PARKIR KENDARAAN PADA AREA PARKIR PURI INDAH MALL - JAKARTA BARAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. COVER.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)
[img] Text (BAB III)
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[img] Text (BAB IV)
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
6. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Because it is one of the centers of government in the city area of West Jakarta Administration, DKI Jakarta Province and it is located in the city center, so it causes evenness of vehicles to access the Puri Indah Mall itself. Puri Indah Mall requires adequate parking space and good accessibility. This requires land availability and good management of parking and traffic management. The method used in this research is the observation method. Observation method is a method by conducting direct field surveys. This is absolutely necessary to find out the real conditions. The survey method used in this analysis is the method of recording the number of vehicles. The largest accumulation of parking for cars occurred on Sundays with 783 vehicles accumulated, namely at 17.00 - 17.59 and Monday with the largest accumulated parking for 315 vehicles, namely at 19.00 - 19.59 hours, while for motorbikes occurred on Sundays as many as 380 vehicles, namely at 18.00 - 18.59 and Monday with the largest parking accumulation of 448 vehicles, namely at 18.00 - 18.59. The parking index for car vehicles on Sundays was 52.20% and Monday was 21.00%, while motorbikes on Sundays were 15.20% and Monday was 17.92%. The average parking duration is 6 hours on Sundays and 6.5 hours on Mondays for cars and 6 hours for motorbikes on Sundays and 6.5 hours on Mondays. Parking turnover is 2 vehicles / SRP / day for cars and motorbikes of 1 vehicle / SRP / day. For Jalan Puri Indah Raya, the highest level of service (LOS) is D in the morning and E in the afternoon and requires serious handling to reduce congestion. Keywords: Parking volume, parking accumulation, parking index, parking duration and PTO, parking needs, road sections, service level, MKJI 1997 Karena merupakan salah satu pusat permerintahan di wilayah kota Administrasi Jakarta Barat Provinsi DKI Jakarta dan letaknya berada di pusat kota sehingga menyebabkan kepadataan kendaraan untuk akses ke Mall Puri Indah sendiri. Untuk Mall Puri Indah membutuhkan ruang parkir yang memadai serta aksesbilitas yang baik. Hal ini menuntut ketersedian lahan dan pengelolaan manajemen perparkiran dan lalu lintas yang baik. Metode yang dipakai dalam penelitian ini ialah dengan cara metode observasi. Metode Observasi adalah metode dengan cara melakukan survey langsung kelapangan. Hal ini mutlak dilakukan untuk mengetahui kondisi sebenarnya. Adapun metode survey yang dilakukan pada analisis ini adalah, metode pencatatan jumlah kendaraan. Akumulasi parkir terbesar untuk mobil terjadi pada hari minggu dengan akumulasi kendaraan sebanyak 783 kendaraan yaitu pada pukul 17.00 – 17.59 dan hari senin dengan akumulasi parkir terbesar mobil sebanyak 315 kendaraan yaitu pada pukul 19.00 – 19.59, sedangkan untuk motor terjadi pada hari minggu sebanyak 380 kendaraan yaitu pada pukul 18.00 – 18.59 dan hari senin dengan akumulasi parkir terbesar 448 kendaraan yaitu pada pukul 18.00 – 18.59. Indeks parkir kendaraan mobil pada hari minggu sebesar 52,20% dan hari senin sebesar 21,00%, sedangkan kendaraan motor pada hari minggu sebesar 15,20% dan hari senin sebesar 17,92%. Durasi rata- rata parkir adalah 6 jam dihari minggu dan 6,5 jam dihari senin untuk kendaraan mobil serta 6 jam untuk kendaraan motor di hari minggu dan 6,5 jam dihari senin. Parking turn over sebesar 2 kendaraan/SRP/hari untuk mobil dan motor sebesar 1 kendaraan/SRP/hari. Untuk ruas jalan Puri Indah Raya di dapatkan tingkat pelayanan atau Level Of Service (LOS) terbesar yaitu D dipagi hari dan E di sore hari dan membutuhkan penanganan serius untuk mengurangi kemacetan. Kata Kunci : Volume parkir, Akumulasi parkir, Indeks parkir, Durasi parkir dan PTO, Kebutuhan parkir, Ruas Jalan, Tingkat Pelayanan, MKJI 1997

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 20 064
NIM/NIDN Creators: 41113010012
Uncontrolled Keywords: Volume parkir, Akumulasi parkir, Indeks parkir, Durasi parkir dan PTO, Kebutuhan parkir, Ruas Jalan, Tingkat Pelayanan, MKJI 1997
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi) > 388 Ground Transportation/Transportasi Jalan Raya > 388.1 Roads/Jalan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.7 Road Engineering/Teknik Jalan Raya
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 625 Engineering Of Railroads, Roads/Rekayasa Rel Kereta Api, Jalan > 625.8 Artificial Road Surfaces/Teknik Permukaan Jalan Raya Buatan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 03 Nov 2021 04:28
Last Modified: 09 Feb 2023 06:37
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/50000

Actions (login required)

View Item View Item