STRATEGI EVENT MARKETING UNTUK MENJAGA LOYALITAS PENDENGAR RADIO (Studi Kasus Event Twitkustik di Radio RDI Jakarta)

PERTIWI, GALIH ANIS (2019) STRATEGI EVENT MARKETING UNTUK MENJAGA LOYALITAS PENDENGAR RADIO (Studi Kasus Event Twitkustik di Radio RDI Jakarta). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01-COVER.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
04-ABSTRAK.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
02-LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
03-LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI, TANDA LULUS SIDANG & PENGESAHAN PERBAIKAN SKRISPI.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05-KATA PENGANTAR.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06-DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
07-DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
08-BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text (BAB II)
09-BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text (BAB III)
10-BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text (BAB IV)
11-BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (718kB)
[img] Text (BAB V)
12-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)

Abstract

Currently in Jabodetabek there are 97 radios registered in Nielsen. Data throughout 2018 shows that RDI Radio occupies the first position with the highest number of listeners for Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang and Bekasi (Jabodetabek) coverage areas. RDI Jakarta Radio has many competitors including Elgangga Radio, Bens FM, CBB, Hot FM, Mersi, and Pop FM. The radios have the same target and audience segments as RDI Radio. Because radio is a medium of hearing, it is very possible for RDI Radio listeners to move or swing listener to the competitor's radios. Therefore, the right strategy is needed to maintain the loyalty of listeners, one of them is through an event marketing strategy called Twitkustik. The purpose of this research is to find out the design of event marketing strategies through Twitcoustic events in an effort to maintain the loyalty of listeners or RDI friends. Using qualitative research methodology, case study methods and constructivist paradigms. The data collection technique used in this case is through interviews with relevant sources, observation, and documentation. The time needed for data collection is 3 months with an analysis of the validity of the data using source triangulation. The conclusion in this study is that Twitcous event marketing strategy is one of the RDI Radio strategies that has succeeded in maintaining listeners, namely RDI Friends. Uniquely for listeners who are very loyal to RDI Radio, creating a community called Fans Club RDI. They are happy to be present at every activity made by RDI Radio because it is a venue for a direct approach between broadcasters, crew and listeners. Keywords: Event Marketing Strategy, Loyalty Saat ini di Jabodetabek terdapat 97 radio yang terdaftar di Nielsen. Data sepanjang tahun 2018 menunjukan bahwa Radio RDI menempati posisi pertama dengan jumlah pendengar terbanyak untuk cakupan wilaya Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Radio RDI Jakarta memiliki banyak kompetitor diataranya Radio Elgangga, Bens FM, CBB, Hot FM, Mersi, dan Pop FM. Radio-radio tersebut memiliki target dan segmen pendengar yang sama dengan Radio RDI. Karena radio adalah media selintas dengar, maka sangat memungkinkan untuk pendengar Radio RDI berpindah-pindah atau swing listener ke radio-radio kompetitor tersebut. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang tepat untuk menjaga loyalitas pendengar, salah satunya melalui strategi event marketing yang bernama Twitkustik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rancangan strategi event marketing melalui event Twitkustik sebagai upaya untuk menjaga loyalitas pendengar atau Sobat RDI. Dengan menggunakan metodologi penelitian kualitaif, metode studi kasus dan paradigma konstruktivis. Teknik pengumpulan data yang digunakan kasus ini adalah melalui wawancara dengan narasumber yang terkait, observasi, dan dokumentasi. Waktu yang dibutuhkan untuk pengumpulan data adalah 3 bulan dengan analisis keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Strategi event marketing Twitkustik menjadi salah satu startegi Radio RDI yang berhasil untuk mempertahankan pendengar yaitu Sobat RDI. Uniknya bagi pendengar yang sangat loyal terhadap Radio RDI, membuat komunitas bernama Fans Club RDI. Mereka senang untuk hadir pada setiap kegiatan yang dibuat oleh Radio RDI karena sebagai ajang pendekatan langsung antara penyiar, kru, dan pendengar. Kata Kunci: Strategi Event Marketing, Loyalitas

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/MJ. 19 172
NIM: 44316120081
Uncontrolled Keywords: Strategi Event Marketing, Loyalitas
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.83 Service and Professionals Activities/Kegiatan Pelayanan dan Profesional
900 Geography and History/Sejarah, Geografi dan Disiplin Ilmu yang Berkaitan > 900. Geography and History/Sejarah, Geografi dan Disiplin Ilmu yang Berkaitan > 904 Adventure, Collected Accounts of Events/Petualangan, Kumpulan Peristiwa Tertentu > 904.7 Events Induced by Human Activity/Acara yang Diselenggarakan Manusia
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 26 Jul 2019 01:44
Last Modified: 10 Oct 2019 07:06
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/49927

Actions (login required)

View Item View Item