APLIKASI MOBILE UNTUK BUKU PANDUAN MARI BELAJAR TATA CARA SHOLAT DAN DOA SEHARI-HARI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY

SAIFUL RIZAL, RIYAN (2019) APLIKASI MOBILE UNTUK BUKU PANDUAN MARI BELAJAR TATA CARA SHOLAT DAN DOA SEHARI-HARI MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Kranggan.

[img]
Preview
Text
1. Hal Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (672kB)
[img] Text
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text
9. CV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (514kB)

Abstract

Sebagian besar buku adalah sarana yang paling banyak digunakan dalam media pembelajaran untuk mendapatkan informasi atau ilmu. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh orang tua dan guru di sekolah menggunakan metode membaca dan menghafal. Metode tersebut kemungkinan akan menimbulkan rasa bosan pada diri anak. Pada saat ini buku-buku yang digunakan untuk tata cara shalat juga masih bersifat konvensional dan monoton yang hanya berupa teks dan gambar 2D. Oleh karena itu, untuk menciptakan suasana belajar yang menarik dan efektif penulis memberikan solusi dengan dibuatnya sebuah aplikasi mari belajar tata cara gerakan shalat dan doa sehari-hari menggunakan teknologi augmented reality. Dimana pada aplikasi tersebut memberikan gambaran gerakan shalat dan doa sehari-hari dengan animasi beserta suara. Teknologi augmented reality adalah teknologi yang menggabungkan benda nyata dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata. Metode yang digunakan dalam pengembangan aplikasi ini adalah metode pengembangan multimedia menurut Arch Luther yang terdiri dari 6 tahap yaitu konsep, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan pendistribusian. Hasil akhir aplikasi ini berupa sebuah Aplikasi mobile di platform android menggunakan teknologi Augmented Reality yang dapat menampilkan visualisasi tiga dimensi (3D) dari gerakan shalat dan contoh doa sehari-hari dengan bantuan marker berupa buku yang telah terintegrasi pada aplikasi ini. Aplikasi ini diharapkan menjadi salah satu media pembelajaran baru yang dapat membuat minat anak dalam belajar shalat menjadi lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FIK/INFO 17 001
NIM/NIDN Creators: 41513210019
Uncontrolled Keywords: Android , Augmented Reality, Gerakan Shalat, Doa sehari-hari
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 10 Dec 2022 08:50
Last Modified: 10 Dec 2022 08:50
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/49215

Actions (login required)

View Item View Item