PRABOWO, FAJAR EDI (2019) ANALISIS PREDIKSI MASA STUDI MAHASISWA TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS MERCU BUANA MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Text (JURNAL MAHASISWA)
Jurnal Yudisium.pdf Restricted to Registered users only Download (645kB) |
Abstract
Mercu Buana University is one of the private university with more than 25.000 students in 2018. Informatics is one of the major in Mercu Buana University that requires decent facilities and infrastructures. However, it demands great cost to be implemented. Based on this problem, research will be done to analyze and predict student graduation time as a reference to implement decent facilities and infrastructures. Naïve Bayes Classification will be used in this paper to be implemented on Informatics graduated students using RapidMiner. With 82,26% of accuracy, Mercu Buana University can use the result as a strategy to improve their quality and performance. Key words: Classification, Naïve Bayes, Prediction, Scholar Graduation Universitas Mercu Buana merupakan salah satu perguruan tinggi swasta dengan lebih dari 25.000 mahasiswa aktif pada tahun 2018. Salah satu program studi yang ada di Universitas Mercu Buana dan membutuhkan dukungan sarana dan prasarana yang baik adalah Teknik Informatika. Namun, pengadaan sarana perkuliahan yang memadai tidak mudah untuk dilakukan karena diperlukan biaya yang tidak sedikit. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis melakukan penelitian untuk menganalisa dan memprediksi lama masa studi mahasiswa sehingga dapat dijadikan acuan dalam pengadaan sarana dan prasarana perkuliahan. Metode yang digunakan adalah Naïve Bayes yang akan diimplementasikan pada data kelulusan mahasiswa Teknik Informatika Universitas Mercu Buana menggunakan RapidMiner. Setelah dilakukan pengujian, diperoleh nilai akurasi sebesar 82,26%. Hasil tersebut dapat dimanfaatkan sebagai strategi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Universitas Mercu Buana. Kata kunci: Klasifikasi, Naïve Bayes, Prediksi, Kelulusan
Actions (login required)
View Item |