PENGARUH AGAMA, RELIGIUSITAS, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH BANK SYARIAH (STUDI KASUS PENGUSAHA UMKM DI PASAR CENGKARENG TIMUR)

ARDILLA, DENANDA (2019) PENGARUH AGAMA, RELIGIUSITAS, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH BANK SYARIAH (STUDI KASUS PENGUSAHA UMKM DI PASAR CENGKARENG TIMUR). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HALAMAN COVER)
01. JUDUL.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
04. ABSTRAK.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
02.SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
03.LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05. KATA PENGANTAR.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06. DAFTAR ISI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
07.DAFTAR TABEL.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
08.DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
09.DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
10. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[img] Text (BAB 2)
11. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[img] Text (BAB 3)
12. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text (BAB 4)
13. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)
[img] Text (BAB 5)
14. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)

Abstract

The purpose of this study was to find out the reasons for MSME entrepreneurs in making decisions to become sharia bank customers. Factors suspected of influencing decision making are religions, religiosity, and location of Islamic banks. The method used is logistic regression and the design used is quantitative which is limited by research questions (1) How is the relationship of religion to being a customer of Islamic banks (2) How is the relationship of religiosity by being a customer of Islamic banks (3) How is the location of being a customer of Islamic banks. Based on the results of the study, religion, religiosity, and location have a positive and significant influence on the decision to become Islamic bank customers. Whereas location has a negative and not significant influence. This shows that the higher the religion and religiosity of MSME entrepreneurs, then they will tend to make Islamic banks as their financial transactions. In contrast to the location, the farther away from the location of the Islamic bank from the place of residence or place of business, then they tend not to use the Islamic bank. Keywords: Religion, Religiosity, Location, Islamic Bank Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan dari pengusaha UMKM dalam mengambil keputusan untuk menjadi nasabah bank syariah. Faktor-faktor yang diteliti adalah agama yang dianut, religiusitas, dan lokasi bank syariah. Metode yang digunakan adalah regresi logistik dan desain yang digunakan adalah kuantitatif yang dibatasi dengan pertanyaan penelitian (1) Bagaimana hubungan agama dengan menjadi nasabah bank syariah (2) Bagaimana hubungan religiusitas dengan menjadi nasabah bank syariah (3) Bagaimana hubungan lokasi dengan menjadi nasabah bank syariah. Berdasarkan hasil penelitian, maka agama, religiusitas, dan lokasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah. Sedangkan lokasi memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi agama dan religiusitas pengusaha UMKM, maka mereka akan cenderung menjadikan bank syariah sebagai temat transaksi keuangan mereka. Sebaliknya dengan lokasi, semakin jauh lokasi bank syariah dari tempat tinggal atau tempat usaha, maka mereka cenderung untuk tidak menggunakan bank syariah tersebut. Kata Kunci: Agama, Religiusitas, Lokasi, Bank Syariah

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/AK. 19 008
Call Number: SE/32/19/173
NIM/NIDN Creators: 43216010220
Uncontrolled Keywords: Agama, Religiusitas, Lokasi, Bank Syariah
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.1 Constructive Accounting/Akuntansi Konstruktif
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.4 Specific Fields of Accounting/Bidang Akuntansi Tertentu > 657.42 Cost Accounting/Akuntansi Biaya
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.6 Specific Kinds of Accounting/Jenis Akuntansi Tertentu > 657.61 Public Accounting/Akuntansi Publik
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 14 Jun 2019 03:12
Last Modified: 14 May 2024 03:23
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/48924

Actions (login required)

View Item View Item