ARDILLA, DENANDA (2019) PENGARUH AGAMA, RELIGIUSITAS, DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH BANK SYARIAH (STUDI KASUS PENGUSAHA UMKM DI PASAR CENGKARENG TIMUR). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HALAMAN COVER)
01. JUDUL.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
04. ABSTRAK.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
02.SURAT PERNYATAAN.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
03.LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
05. KATA PENGANTAR.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
06. DAFTAR ISI.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
07.DAFTAR TABEL.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
08.DAFTAR GAMBAR.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
09.DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (99kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
10. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
||
Text (BAB 2)
11. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
||
Text (BAB 3)
12. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
||
Text (BAB 4)
13. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
||
Text (BAB 5)
14. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16. LAMPIRAN .pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) |
Abstract
The purpose of this study was to find out the reasons for MSME entrepreneurs in making decisions to become sharia bank customers. Factors suspected of influencing decision making are religions, religiosity, and location of Islamic banks. The method used is logistic regression and the design used is quantitative which is limited by research questions (1) How is the relationship of religion to being a customer of Islamic banks (2) How is the relationship of religiosity by being a customer of Islamic banks (3) How is the location of being a customer of Islamic banks. Based on the results of the study, religion, religiosity, and location have a positive and significant influence on the decision to become Islamic bank customers. Whereas location has a negative and not significant influence. This shows that the higher the religion and religiosity of MSME entrepreneurs, then they will tend to make Islamic banks as their financial transactions. In contrast to the location, the farther away from the location of the Islamic bank from the place of residence or place of business, then they tend not to use the Islamic bank. Keywords: Religion, Religiosity, Location, Islamic Bank Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan dari pengusaha UMKM dalam mengambil keputusan untuk menjadi nasabah bank syariah. Faktor-faktor yang diteliti adalah agama yang dianut, religiusitas, dan lokasi bank syariah. Metode yang digunakan adalah regresi logistik dan desain yang digunakan adalah kuantitatif yang dibatasi dengan pertanyaan penelitian (1) Bagaimana hubungan agama dengan menjadi nasabah bank syariah (2) Bagaimana hubungan religiusitas dengan menjadi nasabah bank syariah (3) Bagaimana hubungan lokasi dengan menjadi nasabah bank syariah. Berdasarkan hasil penelitian, maka agama, religiusitas, dan lokasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah bank syariah. Sedangkan lokasi memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi agama dan religiusitas pengusaha UMKM, maka mereka akan cenderung menjadikan bank syariah sebagai temat transaksi keuangan mereka. Sebaliknya dengan lokasi, semakin jauh lokasi bank syariah dari tempat tinggal atau tempat usaha, maka mereka cenderung untuk tidak menggunakan bank syariah tersebut. Kata Kunci: Agama, Religiusitas, Lokasi, Bank Syariah
Actions (login required)
View Item |