RANCANG BANGUN WEBSITE USAHA KULINER DENGAN PENERAPAN CHATBOT MENGGUNAKAN AIML (Artificial Intelligence Markup Language) SEBAGAI VIRTUAL ASSISTANT

INDRAYANI, PITRI (2019) RANCANG BANGUN WEBSITE USAHA KULINER DENGAN PENERAPAN CHATBOT MENGGUNAKAN AIML (Artificial Intelligence Markup Language) SEBAGAI VIRTUAL ASSISTANT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (JURNAL MAHASISWA)
1. Jurnal Yudisium.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

With the existence of increasingly advanced information technology, it is certainly very helpful for humans to make, change, store and communicate or disseminate information. Internet technology has a huge effect on trading or business. Technological developments make our time more efficient, only from home can we order the product choices we want through a computer screen. Almost large and small scale companies have used information technology to provide improvements to their business services. Chatbot is a computer program designed to simulate conversations with human users, especially through the internet. An assistant who can communicate with us via text messaging, a virtual companion integrated into a website that helps entrepreneurs to get closer to customers. Artificial Intelligence Markup Language (AIML) is a language for compiling logic on chatbots. The scripting interpreter language is a derivative of Extensible Markup Language (XML) with more specific functions. AIML is often used as a knowledge base. Key words: chatbot, assistant, virtual, AIML, XML, knowledge base Dengan adanya teknologi informasi yang semakin maju, tentu sangat membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan dan mengkomunikasikan atau menyebarkan informasi. Teknologi internet mempunyai efek yang sangat besar pada pedagangan atau bisnis. Perkembangan teknologi membuat waktu kita menjadi lebih efisien, hanya dari rumah kita dapat memesan pilihan produk produk yang kita inginkan melalui layar komputer. Hampir dari perusahaan berskala besar maupun kecil telah menggunakan teknologi informasi guna memberikan peningkatan terhadap layanan bisnis mereka. Chatbot adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk mensimulasikan percakapan dengan para pengguna manusia, terutama melalui internet. Assistant yang bisa berkomunikasi dengan kita melalui pesan teks, sebuah pendamping virtual yang terintegrasi ke situs web yang membantu pengusaha untuk dapat lebih dekat dengan pelanggan. Artificial Intelligence Markup Language (AIML) adalah sebuah bahasa untuk menyusun logika pada chatbot. Bahasa scripting interpreter yang merupakan turunan dari Extensible Markup Language (XML) dengan fungsi yang lebih spesifik. AIML sering digunakan sebagai basis pengetahuannya (knowlage base). Kata kunci: chatbot, asisstant, virtual, AIML, XML, knowledge base

Item Type: Thesis (S1)
NIM: 41514010007
Uncontrolled Keywords: chatbot, asisstant, virtual, AIML, XML, knowledge base
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.67 Wide Area Network (WAN)/Wide Area Network
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.67 Wide Area Network (WAN)/Wide Area Network > 004.678 Internet (World Wide Web)/Internet
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 26 Apr 2019 02:19
Last Modified: 26 Apr 2019 02:19
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/48608

Actions (login required)

View Item View Item