APLIKASI PENJUALAN BERBASIS WEB MENGGUNKAN ALGORITMA APRIORI

LASARI, IDA (2019) APLIKASI PENJUALAN BERBASIS WEB MENGGUNKAN ALGORITMA APRIORI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (JURNAL MAHASISWA)
Jurnal Yudisium.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Technological progress that is growing very rapidly is widely used for various needs, one of which is to do business for example e-commerce web. In doing business, a strategy is needed to increase sales. Marketing and promotion are very important in an effort to make products more known to consumers. So it takes the right media to recommend and promote products. Based on transaction data samples researchers want to build web-based sales applications using the Apriori Algorithm. By calculating the number of occurrences of a combination with sample transaction data, the confidence value can be found. The aim is to see the connection between products based on the value of their confidence. If the value of confidence is zero then that is the product that is not purchased by consumers simultaneously, if the high confidence value is the product that is often purchased based on the appearance of the product combination. which one has relevance to be recommended. The combination of items sought is based on the minimum confidence value, and the range of sales transaction data entered. The minimum confidence value included influences the system processing time in extracting information. The results of this study are web-based product sales applications by applying a priori algorithms. to find the percentage of confidence and connectedness between products to recommend products on member pages and web visitors. Key words: recommend , apriori algorithm,confidence. Kemajuan teknologi yang berkembang sangat pesat ini banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan salah satunya adalah untuk berbisnis contohnya web ecommerce. Dalam berbisnis diperlukan strategi untuk meningkatkan penjualan.Pemasaran dan promosi sangat penting dalam sebuah usaha untuk membuat produk semakin dikenal konsumen . Sehingga dibutuhkan media yang tepat untuk merekomendasikan dan promosi produk .Berdasarkan sampel data transaksi peneliti ingin membangun aplikasi penjualan berbasis web menggunakan Algoritma Apriori.Dengan menghitung banyaknya kemunculan kombinasi suatu dengan sample data transaksi maka dapat dicari nilai confidence nya. Tujuannya adalah untuk melihat keterhubungan antar produk berdasarkan nilai confidence nya.Jika nilai confidence nya nol maka itulah produk yang tidak dibeli oleh konsumen secara bersamaan,jika nilai confidence tinggi itulah produk yang sering dibeli berdasarkan kemunculan kombinasi produk.Dengan melihat pola tersebut maka dapat dilihat produk mana yang mempunyai keterkaitan untuk direkomendasikan. Kombinasi barang dicari berdasarkan nilai minimum confidence, dan rentang data transaksi penjualan yang dimasukan. Nilai minimum confidence yang dimasukan mempengaruhi waktu proses sistem dalam penggalian informasi.Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi penjualan produk berbasis web dengan menerapkan algoritma apriori. untuk mencari persentase nilai confidence dan keterhubungan antar produk untuk merekomendasikan produk pada halaman member maupun pengunjung web. Kata kunci: algoritma apriori, rekomendasi,confidence

Item Type: Thesis (S1)
NIM: 41514110099
Uncontrolled Keywords: algoritma apriori, rekomendasi,confidence
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 518 Numerical Analysis/Analisis Numerik, Analisa Numerik
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 518 Numerical Analysis/Analisis Numerik, Analisa Numerik > 518.1 Algorithms/Algoritma
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 15 Apr 2019 02:22
Last Modified: 15 Apr 2019 02:22
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/48471

Actions (login required)

View Item View Item