SIMULASI PENGGUNAAN ALGORITMA DIJKSTRA UNTUK MENENTUKAN RUTE TERPENDEK BERBASIS JARINGAN DI KELURAHAN CENGKARENG BARAT

PRABOWO, WAHYU DWI (2019) SIMULASI PENGGUNAAN ALGORITMA DIJKSTRA UNTUK MENENTUKAN RUTE TERPENDEK BERBASIS JARINGAN DI KELURAHAN CENGKARENG BARAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (JURNAL MAHASISWA)
Jurnal 41515010061 Wahyu Dwi Prabowo.pdf
Restricted to Registered users only

Download (676kB)

Abstract

In an internet organization required to have a smooth and stable performance for shipping in the form of data packages. The use of the Dijkstra algorithm in this study is expected to be able to accelerate data transmission by determining the shortest path in the network topology in the west cengkareng village. In this network topology, OSPF and EIGRP routing protocols are used to implement the Dijkstra algorithm. The results obtained in this study that the application of the Dijkstra OSPF algorithm is 12.20 ms faster than the application of the Dijkstra EIGRP algorithm and no 0% packet loss. Key words: Network, Dijkstra's algorithm, ospf, eigrp, cisco packet trace Dalam suatu organisasi internet diharuskan memilik kinerja lancar dan stabil untuk pengiriman berupa paket-paket data. Pengunaan algoritma Dijkstra pada penelitian ini diharpakan mampu mempercepat pengiriman data dengan menentukan jalur terpendek pada topologi jaringan di kelurahan cengkareng barat. Pada topologi jaringan ini di gunakan routing protocol OSPF dan EIGRP untuk menerapkan algoritma Dijkstra. Hasil yang di peroleh pada penelitian ini bahwa penerapan algoritma Dijkstra OSPF lebih cepat 12.20 ms di banding dengan penerapan algoritma Dijkstra EIGRP dan tidak ada packet loss 0%. Kata kunci: Jaringan, algoritma Dijkstra, ospf, eigrp, cisco packet tracer

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: JM/TI. 19 020
NIM/NIDN Creators: 41515010061
Uncontrolled Keywords: Jaringan, algoritma Dijkstra, ospf, eigrp, cisco packet tracer
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 004 Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.6 Interfacing and Communications/Tampilan Antar Muka (Interface) dan Jaringan Komunikasi Komputer > 004.65 Computer Communications Networks/Jaringan Komunikasi Komputer
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika
500 Natural Science and Mathematics/Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Mathematics/Matematika > 518 Numerical Analysis/Analisis Numerik, Analisa Numerik
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 11 Apr 2019 03:37
Last Modified: 16 Jun 2022 02:46
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/48431

Actions (login required)

View Item View Item