STRATEGI KOMUNIKASI PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DALAM MENSOSIALISASIKAN APLIKASI RESMI PERUSAHAAN (NEW KAI ACCESS)

APRILIANI, ERVINA DWI (2019) STRATEGI KOMUNIKASI PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) DALAM MENSOSIALISASIKAN APLIKASI RESMI PERUSAHAAN (NEW KAI ACCESS). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.HALAMAN JUDUL.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
03.ABSTRAK.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
02.LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI, TANDA LULUS SIDANG & PENGESAHAN PERBAIKAN SKRIPSI.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
04.KATA PENGANTAR.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
05.DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
07.DAFTAR TABEL.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
06.DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (99kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
08.BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text (BAB II)
09.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text (BAB III)
10.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text (BAB IV)
11.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (623kB)
[img] Text (BAB V)
12.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Communication strategy undertaken by PT. Kereta Api Indonesia (Persero) is conducted to reach the stages to convey information and communicate with the public or customers. The purpose of using this communication strategy so that the message delivered can be accepted by the target. This research was conducted to find out how communication strategy of PT. Kereta Api Indonesia (Persero) in disseminating the official application of the company (New KAI Access) by using the theoretical basis of four steps of strategic process of Public Relations in Scoot M. Cutlip book, Allen H. Center, and Broom is Effective Public Relations. This study used a qualitative approach with the type of descriptive research. The research method used is descriptive qualitative by conducting in-depth interviews to the speakers. The results of this study discusses the communication strategy of PT. Kereta Api Indonesia (Persero) in disseminating the official application of the company (New KAI Access), some things that influence the trend of online ticket booking, to socialization of the official application of the company (New KAI Access) by PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Thus the researcher is able, get a picture of communication strategy of PT. Kereta Api Indonesia (Persero) in socializing the company's official application (New KAI Access). This study concludes that the use and utilization of good communication media as a medium of socialization and education that aims to introduce a product or service from a company to the public can help the formation of more effective socialization. Keywords: Strategy, Communication, Socialization, Application Strategi komunikasi yang dilakukan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dilakukan guna mencapai tahap - tahap untuk menyampaikan informasi dan melakukan komunikasi dengan masyarakat atau pelanggan. Tujuan dari penggunaan strategi komunikasi ini agar pesan yang disampaikan dapat diterima oleh target/ sasaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dalam mensosialisasikan aplikasi resmi perusahaan (New KAI Access) dengan menggunakan landasan teori empat langkah proses strategis Public Relations yang ada di dalam buku Scoot M. Cutlip, Allen H. Center , and Broom yaitu Effective Public Relations. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deksriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam kepada narasumber. Hasil penelitian ini membahas mengenai strategi komunikasi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dalam mensosialisasikan aplikasi resmi perusahaan (New KAI Access), beberapa hal yang mempengaruhi trend pemesanan tiket secara online, hingga sosialisasi aplikasi resmi perusahaan (New KAI Access) oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Dengan demikian peneliti mampu, memperoleh gambaran mengenai strategi komunikasi PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dalam mensosialisasikan aplikasi resmi perusahaan (New KAI Access). Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengunaan dan pemanfaatan media komunikasi yang baik sebagai media sosialisasi dan edukasi yang bertujuan untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa dari suatu perusahaan kepada publiknya dapat membantu terbentuknya sosialisasi yang lebih efektif. Kata kunci : Strategi, Komunikasi, Sosialisasi, Aplikasi

Item Type: Thesis (S1)
Call Number: SK/42/18/121
NIM: 44214010050
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi, Sosialisasi, Aplikasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 005 Computer Programmming, Programs, Data/Pemprograman Komputer, Program, Data > 005.5 General Purpose Application Programs/Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Office Services/Layanan Kantor > 651.8 Computer Application for Office Management/Aplikasi Komputer untuk Manajemen Perkantoran
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data]
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.05 Data Processing Computer Applications/Pengolahan Data Aplikasi Komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 15 Mar 2019 02:32
Last Modified: 15 Mar 2019 02:32
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/48010

Actions (login required)

View Item View Item