NURHIDAYAH, EVI (2019) PEMAKNAAN REALITAS SOSIAL DALAM TEKS KAOS JOGER BALI "ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES". S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Halaman judul.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Surat pernyataan.pdf Download (839kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar pengesahan.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata pengantar.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar isi.pdf Download (24kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
7. Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) |
||
Text (BAB II)
8. Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (389kB) |
||
Text (BAB III)
9. Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
||
Text (BAB IV)
10. Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (336kB) |
||
Text (BAB V)
11. Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
12. Daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
13. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (52kB) |
Abstract
T-shirts (t-shirts) are one form of mass media, t-shirts are not just items to cover and protect themselves. But also as a medium of communication that can convey various kinds of community aspirations / moral messages. The meaning of a shirt also represents social phenomena that are present in our daily lives. And one of them is Mr.joger someone who likes to make interesting words in one of his works, namely "T-shirt". This research was conducted to find out how the Meaning of Social Reality in Bali Joger Shirt Texts. And this study uses a qualitative approach with a type of descriptive approach. The research method used is semiotic analysis owned by Roland Bartes by observing the joger bali shirt. The results of this study discuss the existence of some consumers who often buy counterfeit goods / products (not original). And the Social Reality is found in one of the Bali Joger Shirts. Kaos (t-shirt) merupakan salah satu bentuk dari media massa, kaos tidak hanya sebagai barang untuk menutup dan melindungi diri saja. Tetapi juga sebagai media komunikasi yang dapat menyampaikan berbagai macam aspirasi masyarakat/pesan moral. Makna dalam sebuah kaos juga merepresentasikan fenomena-fenomena sosial yang terdapat di dalam kehidupan kita seharihari. Dan salah satunya adalah Mr.joger seseorang yang suka membuat kata-kata menarik di salah satu karya buatannya yaitu “kaos”. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Pemaknaan Realitas Sosial Pada Teks Kaos Joger Bali. Dan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe pendekatan deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis semiotika milik Roland Bartes dengan melakukan observasi terhadap kaos joger bali. Hasil penelitian ini membahas mengenai adanya sebagian konsumen yang sering membeli barang/produk palsu (tidak original). Dan Realitas Sosial tersebut terdapat di salah satu Kaos Joger Bali .
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/BRD. 19 189 |
NIM/NIDN Creators: | 44112010231 |
Uncontrolled Keywords: | PEMAKNAAN REALITAS SOSIAL DALAM TEKS KAOS JOGER BALI "ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES" |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 680 Manufacture For Specific Uses/Industri Pembuatan produk untuk penggunaan tertentu 600 Technology/Teknologi > 680 Manufacture For Specific Uses/Industri Pembuatan produk untuk penggunaan tertentu > 685 Leather and Fur Goods/Produksi Barang-barang dari Kulit dan Bulu |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | Dede Muksin Lubis |
Date Deposited: | 13 May 2019 04:02 |
Last Modified: | 06 Mar 2023 04:07 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/47941 |
Actions (login required)
View Item |