RAHAYU, MITA NURMA (2019) PREFERENSI MASYARAKAT PEDESAAN DALAM MENONTON TELEVISI (Survei Terhadap Masyarakat Desa Sindanghayu Rt 03 Rw 004, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01. HALAMAN COVER.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02. ABSTRAKSI.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03. LEMBAR PERNYATAAN MAHASISWA.pdf Download (838kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
05. LEMBAR PENGESAHAN PERBAIKAN TUGAS AKHIR.pdf Download (706kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
07. KATA PENGANTAR.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
08. DAFTAR ISI.pdf Download (64kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
09. DAFTAR TABEL.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
10. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (49kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
11. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
12. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (111kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
13. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
14. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
15. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
17. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (677kB) |
Abstract
Very rapid progress in the field of technology has made the audience more helpful in carrying out daily life, but in the advancement of the technology of rural communities most of them still use television programs as a media to get their information and preferences in watching television. The theory used in this study is the uses and gratification theory. This theory shows that the audience or audience can freely choose what media they want to use to fulfill and satisfy their needs, so people are active in selecting the media they want to choose. This research uses a quantitative approach with descriptive type. The method used is a survey method by distributing questionnaires, and the sampling technique used is a simple random sampling probability technique. Based on the calculation results with Slovin formula, the number of respondents was 31 respondents. Then the data can be processed using SPSS 25.0. The results of this study explain the preference of rural people in watching television, this can be seen from the correlation results that rural communities have a very preferred program of 0.420 and contributions have a very favored program of 76.7% and 23.3% are influenced by other factors beyond the indicators studied. Keywords: Mass Media, Television, Audiences, Village Communities, Preferences Kemajuan yang sangat pesat dalam bidang teknologi sudah menjadikan khalayak lebih terbantu dalam menjalankan kehidupan sehari – hari, tetapi pada kemajuan tekonologi masyarakat pedesaan masih sebagian besar menggunakan tontonan program televisi sebagai media untuk mendapatkan infomasi dan Preferensi (kesukaan atau pilihan) mereka dalam menonton televisi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses and gratification. Teori ini menunjukkan bahwa audiens atau khalayak bisa dengan bebas memilih media apa yang hendak mereka gunakan untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhannya, jadi khayalak bersifat aktif dalam menyeleksi media yang hendak dia pilih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe deskriptif. Metode yang digunakan yaitu metode survei dengan menyebarkan kuesioner, dan Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Teknik probabilitas sampel random sederhana.. Berdasarkan hasil hitung dengan rumus slovin didapatkan jumlah responden sebanyak 30 responden. Lalu data yang di dapat di olah menggunakan SPSS 25.0. Hasil penelitian ini menjelaskan adanya Preferensi masyarakat pedesaan dalam menonton televisi, hal ini dapat di lihat dari hasil korelasi bahwa masyarakat pedesaan mempunyai program yang sangat disukai 0,420 dan kontribusi mempunyai program yang sangat disukai sebesar 76,7% dan 23,3 % lainnya dipengaruhi faktor lain di luar indicator yang diteliti. Kata kunci : Media Massa,Televisi , Khalayak, Masyarakat Desa, Preferensi.
Actions (login required)
![]() |
View Item |