IMPRESSION MANAGEMENT GURU ANAK TUNAGRAHITA DI SLB C DIAN GRAHITA KEMAYORAN

ANDALUSI, RIZKI AFANI (2018) IMPRESSION MANAGEMENT GURU ANAK TUNAGRAHITA DI SLB C DIAN GRAHITA KEMAYORAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01.HALAMAN JUDUL.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
04.ABSTRACT.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03.LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
02.LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI, TANDA LULUS SIDANG & PENGESAHAN PERBAIKAN SKRIPSI.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
05.KATA PENGANTAR.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
06.DAFTAR ISI.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
07.DAFTAR TABEL.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
08.DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
09.DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (21kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10.BAB I - PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[img] Text (BAB II)
11.BAB II - KAJIAN TEORITIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text (BAB III)
12.BAB III - METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (BAB IV)
13.BAB IV - HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (663kB)
[img] Text (BAB V)
14.BAB V - KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15.DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Guru anak tunagrahita tentunya berbeda dengan guru pada anak normal pada umumnya, guru harus memiliki keterampilan tersendiri dalam mengajar anak tunagrahita. Guru anak tunagrahita yang berperan sebagai fasilitator di sekolah harus menciptakan sikap professional yakni lebih sabar, lebih pengertian dan tentunya lebih mengayomi dihadapan anak didiknya agar anak tersebut mau mengerti dan memahami hal yang dikomunikasikan oleh guru. Sehingga, seorang guru perlu melakukan impression management (pengelolaan kesan) ketika memulai proses belajar mengajar. Hal ini dilakukan oleh guru dengan didasarkan pada pembentukan self image (citra diri) terlebih dahulu, artinya seorang guru dituntut untuk bersikap seprofesional mungkin agar bisa dinilai positif di mata siswa dan orang sekitar lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan kesan dilihat dari kehidupan panggung depan (front stage) dan panggung belakang (back stage) seorang guru anak tunagrahita Untuk menjawab permasalahan pokok, peneliti menggunakan teori dramaturgi dan teori impression management. Teori ini menjelaskan secara mendalam tentang pengelolaan kesan yang dijalani oleh guru anak tunagrahita di panggung depan (front stage) dan panggung belakang (back stage) Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivistik dan penelitian bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipan dan didukung oleh data primer yang diperoleh dari key informan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi berupa kata – kata. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa guru anak tunagrahita melakukan pengelolaan kesan ketika sedang menjalankan tugasnya sebagai guru anak tunagrahita. Pengelolaan kesan pada panggung depan (front stage) dominan terlihat pada aspek gaya melalui bagaimana sikap dan perilaku, gaya bahasa atau cara bertutur, mimik wajah, bahasa tubuh, dan isi pesan. Sementara pada panggung belakang (back stage) para informan guru kembali pada kehidupannya masing – masing dan tidak ada pengelolaan kesan berlebihan di kehidupan aslinya. . Kata kunci : Impression Management, Anak Tunagrahita

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 19 146
Call Number: SK/42/18/158
NIM/NIDN Creators: 44214110130
Uncontrolled Keywords: Impression Management, Anak Tunagrahita
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 370 Education/Pendidikan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 370 Education/Pendidikan > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities/Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 370 Education/Pendidikan > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities/Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 08 Mar 2019 08:22
Last Modified: 25 Feb 2023 04:53
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/47394

Actions (login required)

View Item View Item