ANDALUSI, RIZKI AFANI (2018) IMPRESSION MANAGEMENT GURU ANAK TUNAGRAHITA DI SLB C DIAN GRAHITA KEMAYORAN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
|
Text (HAL COVER)
01.HALAMAN JUDUL.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
04.ABSTRACT.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03.LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
02.LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI, TANDA LULUS SIDANG & PENGESAHAN PERBAIKAN SKRIPSI.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
05.KATA PENGANTAR.pdf Download (157kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
06.DAFTAR ISI.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
07.DAFTAR TABEL.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
08.DAFTAR GAMBAR.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
09.DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (21kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10.BAB I - PENDAHULUAN.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
||
Text (BAB II)
11.BAB II - KAJIAN TEORITIS.pdf Restricted to Registered users only Download (306kB) |
||
Text (BAB III)
12.BAB III - METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
||
Text (BAB IV)
13.BAB IV - HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (663kB) |
||
Text (BAB V)
14.BAB V - KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15.DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16.LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Guru anak tunagrahita tentunya berbeda dengan guru pada anak normal pada umumnya, guru harus memiliki keterampilan tersendiri dalam mengajar anak tunagrahita. Guru anak tunagrahita yang berperan sebagai fasilitator di sekolah harus menciptakan sikap professional yakni lebih sabar, lebih pengertian dan tentunya lebih mengayomi dihadapan anak didiknya agar anak tersebut mau mengerti dan memahami hal yang dikomunikasikan oleh guru. Sehingga, seorang guru perlu melakukan impression management (pengelolaan kesan) ketika memulai proses belajar mengajar. Hal ini dilakukan oleh guru dengan didasarkan pada pembentukan self image (citra diri) terlebih dahulu, artinya seorang guru dituntut untuk bersikap seprofesional mungkin agar bisa dinilai positif di mata siswa dan orang sekitar lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan kesan dilihat dari kehidupan panggung depan (front stage) dan panggung belakang (back stage) seorang guru anak tunagrahita Untuk menjawab permasalahan pokok, peneliti menggunakan teori dramaturgi dan teori impression management. Teori ini menjelaskan secara mendalam tentang pengelolaan kesan yang dijalani oleh guru anak tunagrahita di panggung depan (front stage) dan panggung belakang (back stage) Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivistik dan penelitian bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipan dan didukung oleh data primer yang diperoleh dari key informan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi berupa kata – kata. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa guru anak tunagrahita melakukan pengelolaan kesan ketika sedang menjalankan tugasnya sebagai guru anak tunagrahita. Pengelolaan kesan pada panggung depan (front stage) dominan terlihat pada aspek gaya melalui bagaimana sikap dan perilaku, gaya bahasa atau cara bertutur, mimik wajah, bahasa tubuh, dan isi pesan. Sementara pada panggung belakang (back stage) para informan guru kembali pada kehidupannya masing – masing dan tidak ada pengelolaan kesan berlebihan di kehidupan aslinya. . Kata kunci : Impression Management, Anak Tunagrahita
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 19 146 |
Call Number: | SK/42/18/158 |
NIM/NIDN Creators: | 44214110130 |
Uncontrolled Keywords: | Impression Management, Anak Tunagrahita |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 370 Education/Pendidikan 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 370 Education/Pendidikan > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities/Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 370 Education/Pendidikan > 371 Educational Institutions, Schools and Their Activities/Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Dede Muksin Lubis |
Date Deposited: | 08 Mar 2019 08:22 |
Last Modified: | 25 Feb 2023 04:53 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/47394 |
Actions (login required)
View Item |