Perancangan Infra Red Theraphy Berbasis Arduino Diajukan guna melengkapi sebagian syarat dalam mencapai gelar Sarjana Strata satu (S1)

SATRIO, NOVAN (2019) Perancangan Infra Red Theraphy Berbasis Arduino Diajukan guna melengkapi sebagian syarat dalam mencapai gelar Sarjana Strata satu (S1). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
cover.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
KATA PENGANTAR.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
daftar isi.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4 NSA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)

Abstract

Infra Red Theraphy dipengaruhi oleh Jarak dan waktu. Jarak antara lampu infra red dengan pasien umumnya antara 50-75 cm. Pada umumnya, alat yang digunakan saat ini belum sensitif terhadap jarak. Lamanya waktu terapi dengan alat ini tergantung dari sensitivitas kulit pasien terhadap derajat panas, jenis penyakit yang diderita pasien dan besarnya daya atau watt lampu yang digunakan. Sistem yang dikembangkan pada infra red theraphy ini memanfaatkan arduino untuk menggerakkan semua fitur seperti waktu, Jarak dan Musik. Pada fitur waktu arduino akan mengatur waktu pada saat memulai terapi, serta alarm yang berbunyi pada saat terapi akan berakhir. Pada fitur jarak arduino akan menampilkan sensisitifitas jarak antara lampu infra red dengan objek di LCD, serta alarm yang akan berbunyi pada saat jarak melebihi batas bawah dan batas atas yang telah diatur. Sedangkan musik berfungsi sebagai fitur tambahan pada saat waktu terapi berlangsung. Harapannya akan sangat memudahkan pengaplikasian alat ini. Selain itu, pengobatan dengan pengembangan alat ini akan jadi lebih efektif karena mengurangi kelalaian manusia. Analisa dan pengujian alat dilakukan dengan cara mengambil data dari percobaan untuk mengetahui kinerja pada dua parameter yaitu sensor jarak dan pengaturan waktu yang ada pada modul infra red therapy. Presentase ke akuratan yang didapatkan dari 5 kali pengujian terhadap waktu adalah 99,26 %. Dan presentase ke akuratan sensor jarak yang didapatkan dari 5 kali pengujian antara sensor dengan objek adalah 99,72%. Sehingga sistem yang dikembangkan pada perancangan alat ini berjalan sesuai harapan. Kata Kunci: Infra Red Theraphy, Arduino dan Sensor Jarak .

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/ELK. 19 081
Call Number: ST/14/18/185
NIM/NIDN Creators: 41415120106
Uncontrolled Keywords: Infra Red Theraphy, Arduino dan Sensor Jarak .
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan
600 Technology/Teknologi > 620 Engineering and Applied Operations/Ilmu Teknik dan operasi Terapan > 621 Applied Physics/Fisika terapan > 621.3 Electrical Engineering, Lighting, Superconductivity, Magnetic Engineering, Applied Optics, Paraphotic Technology, Electronics Communications Engineering, Computers/Teknik Elektro, Pencahayaan, Superkonduktivitas, Teknik Magnetik, Optik Terapan, Tekn
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Virda Syifa
Date Deposited: 08 Mar 2019 02:00
Last Modified: 22 Oct 2022 04:40
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/47177

Actions (login required)

View Item View Item