MARJINI, MARJINI (2018) ANALISIS GAYA PADA SISTEM REM KENDARAAN URBAN HYBRID KMHE 2018 DENGAN VARIASI BEBAN TEKAN PEDAL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1.Halaman judul.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
5.Abstrak.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
2.Lembar pernyataan.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
3.Lembar pengesahan.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
4.Kata Pengantar.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6.Daftar isi.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
8.Daftar tabel.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
7.Daftar gambar.pdf Download (100kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
9.Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) |
||
Text (BAB II)
10.Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) |
||
Text (BAB III)
11.Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) |
||
Text (BAB IV)
12.Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (558kB) |
||
Text (BAB V)
13.Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14.Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (17kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
15.lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (419kB) |
Abstract
The Energy Efficient Car Contest (KMHE) is a car race event created by students from various universities on a national scale organized by DIKTI every year with a focus on energy on cars from the results of the application of science gained during college. Based on the regulatory objectives, the race becomes two categories, namely prototype and urban. In this sector, the urban hybrid category with gasoline fuel and alternative energy uses fuel cells. Security is one of the most obvious aspects in designing energy-efficient cars. The brake system functions to reduce speed and stop the vehicle or use parking in a decreasing place. This equipment is very important in vehicles and tools. By way of shortening the motion / kinetic energy or energy generated by other components, in other words the brakes are components that convert the mechanical energy from energy into heat energy generated from friction between components that are attached to the vehicle's wheels with materials that are specifically resistant against friction. Braking results of the analysis style on the urban hybrid KMHE vehicle brake components with a braking force of 1318.56 N for pedal loading at 117.67 N, with a speed or braking ratio of 49%. If the calculation is applied at a speed of 50 km/h, and the deceleration value is 4.8 m/d², then the braking distance is 19.8 m and the braking time is 2.87 seconds. Keywords: KMHE, urban hybrid, braking system, friction Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) merupakan event perlombaan mobil kreasi mahasiswa dari berbagai lembaga perguruan tinggi dalam skala nasional yang diselenggarakan oleh DIKTI setiap tahun dengan berorientasi pada efisiensi penggunaan energi pada mobil rancangan mahasiswa hasil pengaplikasian ilmu yang didapat selama kuliah. Berdasarkan target perancangan perlombaan dibagi menjadi dua kategori yaitu prototype dan urban. Pada perancangan kendaraan ini dipilih kategori urban hybrid dengan tipe bahan bakar gasoline dan alternatif energi menggunakan fuel cell. Keamanan adalah salah satu aspek yang sangat diperhatikan dalam perancangan mobil hemat energi. Sistem rem dirancang untuk mengurangi kecepatan dan menghentikan kendaraan atau memungkinkan parkir pada tempat yang menurun. Peralatan ini sangat penting pada kendaraan dan berfungsi sebagai alat keamanan. Dengan cara menyerap energi gerak/kinetik atau energi potensial yang ditimbulkan oleh komponen lain, dengan kata lain rem adalah komponen yang merubah energi mekanik dari kendaraan tersebut menjadi tenaga panas, perubahan tenaga tersebut diperoleh dari gesekan antara komponen bergerak yang dipasangkan pada roda kendaraan dengan bahan yang dirancang khusus tahan terhadap gesekan. Hasil analisa gaya pengereman terhadap komponen rem kendaraan urban hybrid KMHE memperoleh nilai gaya pengereman sebesar 1318,56 N untuk pembebanan pedal pada 117,67 N, dengan efisiensi atau rasio pengereman sebesar 49%. Jika diaplikasikan perhitungan dengan kecepatan 50 km/jam, dan nilai perlambatan adalah 4,8 m/s² , maka estimasi jarak pengereman 19,8 m dan waktu pengereman 2,87 detik. Kata kunci : KMHE, urban hybrid,sistem pengereman,gesekan
Actions (login required)
View Item |